PERAN PASANGAN KELUARGA TKI DI TANAH AIR DALAM MENJAGA KETAHANAN KELUARGA (Studi Relasi Gender di Desa Kebonduren, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar )

  • TIGOR ANDALLA
  • REFTI HANDINI LISTYANI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran pasangan keluarga TKI di tanah air dalam menjaga ketahanan keluarga dan dampak dari pembagian kerja serta tanggung jawab pasangan keluarga TKI di tanah air. Lokasi penelitian berada di Kebonduren, Ponggok, Blitar. Penelitian menggunakan teori gender pembagian kerja secara seksual yaitu nature dan nurture. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berusaha menjelaskan fennomena secara luas dan mendalam. Hasil penelitian diperoleh apabila salah satu pasangan bekerja diluar negeri maka pasangan yang berada ditanah air berperan melaksanakan tugas-tugas rumah tangga seperti melakukan pekerjaan domestik (mencuci dan memasak), dan mengasuh anak. Adanya pembagian kerja antara suami istri merupakan bentuk kemitraan gender antara laki-laki dan perempuan. Keduanya harus bekerja sama untuk membangun keberlanjutan kehidupan keluarga. Sedangkan dampak pembagian peran dan tanggung jawab adalah terciptanya ketahanan keluarga.

Kata Kunci : Peran, Keluarga, TKI

Published
2018-12-19
How to Cite
ANDALLA, T., & HANDINI LISTYANI, R. (2018). PERAN PASANGAN KELUARGA TKI DI TANAH AIR DALAM MENJAGA KETAHANAN KELUARGA (Studi Relasi Gender di Desa Kebonduren, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar ). Paradigma, 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/26332
Section
Articles
Abstract Views: 108
PDF Downloads: 182