PRAKTIK MENCARI KESEMBUHAN BAGI LANJUT USIA SURABAYA

  • RIKA PUTRI NANDATIA
  • FRANSISCUS XAVERIUS SRI SADEWO

Abstract

Perilaku para lansia dalam mengambil pengobatan lebih dominan menggunakan pengobatan medis dibandingkan dengan menggunakan pengobatan tradisional atau pengobatan alternatif, pada era sebelumnya para lansia hanya percaya menggunakan pengobatan tradisional karena masing-masing bahan alami memiliki manfaat kesehatan dan memiliki minim efek samping sehingga lebih aman dibandingkan menggunakan pengobatan dengan komposisi yang mengandung zat kimia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik mencari kesembuhan bagi para lansia dengan menggunakan perspektif Pierre Bourdieu di Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan praktik Pierre Bourdieu pendekatan ini melihat realitas sosial yang dibentuk oleh proses sosialisasi sehingga menjadi pola perilaku manusia.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lansia memiliki cara tersendiri dalam perilaku pencarian pengobatan yang bergantung pada pengobatan medis, pengobatan tradisional dan pengobatan herbal. Untuk mendapatkan pengobatan para lansia harus memenuhi modal, ranah dan habitus pada pemikiran Pierre Bourdieu. Lansia yang memiliki modal akan memiliki kewaspadaan yang tinggi terhadap penyakit dan tidak melihat biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan pengobatan.

Kata Kunci : Lansia, Praktik Pengobatan, Kesejahteraan Sosial

Published
2019-07-19
How to Cite
PUTRI NANDATIA, R., & XAVERIUS SRI SADEWO, F. (2019). PRAKTIK MENCARI KESEMBUHAN BAGI LANJUT USIA SURABAYA. Paradigma, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/29329
Section
Articles
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 95