IDENTITAS REMAJA PUTRI PERKOTAAN TENTANG MAKNA SIMBOLIK HEDONISME
Abstract
Abstrak
Fokus penelitian ini meneliti identitas remaja putri perkotaan tentang makna simbolik hedonisme. Dimana remaja putri perkotaan ingin sekali menunjukan identitasnya melalui simbol-simbol yang dikonsumsinya. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik Herbert Blummer, gaya hidup David Chanay, serta konsumsi Baudillard dengan pendekatan kualitatif metode fenomenologi. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan remaja putri perkotaan dalam interaksi dilingkungannya, mengetahui simbol-simbol yang dikonsumsi mereka, mendeskripsikan gaya hidup dalam sehari-harinya, serta pola konsumsi yang dilakukan oleh remaja putri perkotaan. Hasil dari penelitian ini yaitu remaja putri perkotaan memang dengan sengaja menggunakan simbol-simbol melalui apa yang dilihat dalam lingkungannya. Interaksi simbolik yang dilakukan remaja putri perkotaan dengan melakukan kegiatan konsumsi. Kegiatan konsumsi yang dilakukan remaja putri perkotaan dengan memakai barang-barang mahal dan bermerk. Gaya hidup tinggi dan mewah yang diperlihatkan pada sekitarnya dan kegiatan konsumtif yang dilakukan, sehingga mereka menjadi remaja putri perkotaan yang hedon. hal yang dilakukan mereka agar dapat menunjukan identitas dirinya kepada lingkungan sekitarnya.
Kata Kunci : Remaja Putri Perkotaan, Simbol, Konsumsi, Gaya Hidup, Identitas
Abstract
The focus of this study examines the identity of urban teenagers about the symbolic meaning of hedonism. Where urban teenagers want to show their identity through the symbols they consume. This study uses the theory of symbolic interaction Herbert Blummer, David Chanays lifestyle, and Baudillards consumption with a qualitative approach to phenomenology methods. The purpose of this study is to describe urban female adolescents in their environment interactions, to know the symbols consumed, to describe their daily lifestyle, and the consumption patterns carried out by urban girls. The results of the study are urban teenage girls who deliberately use symbols through what is seen in their environment. Symbolic interactions carried out by urban female adolescents by carrying out consumption activities. Consumption activities carried out by urban girls using expensive and branded items. High and luxurious lifestyles are shown to the surroundings and consumptive activities are carried out, so that they become urban hedon girls. things they do to be able to show their identity to the surrounding environment.
Keywords: Urban Young Women, Symbols, Consumption, Lifestyle, Identity