Profil Literasi Sains Peserta Didik Kelas VII pada Topik Pemanasan Global

  • MOHAMAD RUSLI ZAKARIA
  • LAILY ROSDIANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi sains peserta didik pada aspek kognitif dan kompetensi. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah dengan metode tes. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 24 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik pada masing-masing kelas masih rendah. Tetapi, kemampuan peserta didik dalam aspek kognitif menunjukkan skor yang lebih besar dibandingkan dengan aspek kompetensi, yaitu lebih dari 60%, sedangkan pada aspek kompetensi skor yang diperoleh kurang dari 25%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa peserta didik kurang mampu untuk mengaplikasikan teori-teori yang telah dimiliki dibandingkan dengan me-recall teori-teori tersebut.
Published
2018-05-30
How to Cite
RUSLI ZAKARIA, M., & ROSDIANA, L. (2018). Profil Literasi Sains Peserta Didik Kelas VII pada Topik Pemanasan Global. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23362
Abstract Views: 222
PDF Downloads: 233