Kelayakan Validitas Kartu Belajar untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Materi Tata Surya SMP

Authors

  • NOVITA ANGELINA
  • LAILY ROSDIANA

Abstract

Penelitian ini menghasilkan kartu belajar sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa yang ditinjau dari aspek validitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan desain penelitian R&D yang terdiri dari enam tahapan yaitu potensi masalah,pengumpulan data,desain produk,validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Proses uji coba menggunakan desain one group pretest-posttest yang dilakukan pada 20 siswa kelas VII-A MTsN 4 Sidoarjo. Metode pengumpulan data dengan menggunakan instrumen lembar telaah yang diisi oleh dosen pembimbing dan lembar validasi yang diisi oleh tiga validator. Teknik analisis data menggunakan skala Likert dan kriteria modus. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kevalidan media kartu belajar mendapatkan nilai modus adalah 3 dengan kategori layak dengan rincian pada aspek materi nilai modus adalah 3, aspek pertanyaan evaluasi 4, aspek kriteria persyaratan dan pemanfaatan media pendidikan 3, tampilan media 3, dan pada aspek kesesuaian aspek literasi sains 3.

Kata Kunci: Validitas, Kartu Belajar, Literasi Sains.






Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-13

How to Cite

ANGELINA, N., & ROSDIANA, L. (2019). Kelayakan Validitas Kartu Belajar untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Materi Tata Surya SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/27985

Issue

Section

Articles
Abstract views: 165 , PDF Downloads: 183

Most read articles by the same author(s)

> >>