VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS DENGAN TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH

  • Savinah Itsnawati Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Budiyanto Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Aris Rudi Purnomo Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas lembar kerja peserta didik berbasis Higher Order Thinking Skills dengan tema Pencemaran Lingkungan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) meliputi tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, rancangan produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba terbatas. Kevalidan LKPD berbasis HOTs divalidasi oleh dua dosen ahli IPA dan satu guru IPA SMP. Hasil validasi diperoleh nilai rata-rata modus sebesar 4 dengan kategori sangat valid. Hasil tersebut menunjukkan bahwa LKPD berbasis HOTs layak digunakan berdasarkan aspek validitas.

 

Kata Kunci: validitas LKPD, higher order thinking skills, keterampilan pemecahan masalah
Published
2019-12-22
How to Cite
Itsnawati, S., Budiyanto, M., & Purnomo, A. (2019). VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS DENGAN TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/32297
Section
Articles
Abstract View: 32
PDF Download: 46