MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI ZAT ADITIF

  • Lafilatul Anisa Program Studi S-1 Pendidikan Sains - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Martini Martini Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Enny Susiyawati Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa terhadap pembelajaran berbasis socio-scientific issues pada materi zat aditif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tulangan, semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengamatan, tes, dan angket. Peningkatan kemampuan literasi sains dianalisis menggunakan uji N-Gain skor. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kemampuan literasi sains siswa pada pre-test 45 sedangkan post-test 82. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa tersebut dikategorikan sedang dengan indeks gain 0,67. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran IPA berbasis socio-scientific issues pada materi zat aditif dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

 

Kata Kunci : Literasi Sains, Socio-Scientific Issues, Zat Aditif.
Published
2020-03-31
How to Cite
Anisa, L., Martini, M., & Susiyawati, E. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI ZAT ADITIF. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/33142
Section
Articles
Abstract Views: 416