PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

  • Shavira Mitha Febriza Santoso Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Budiyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery. Model pembelajaran yang diterapkan digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP pada materi getaran dan gelombang.. Penelitian dilakukan pada 32 siswa kelas VIII-F dan 32 siswa kelas VIII-G SMP Negeri 2 Buduran dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu adanya peningkatan pemahaman konsep siswa, pada kelas VIII-F setelah diterapkannya model pembelajaran guided discovery dengan memperoleh N-gain rata-rata sebesar 0,54 dengan kategori sedang dan pada kelas VIII-G memperoleh N-gain rata-rata sebesar 0,60 dengan kategori sedang. Berdasarkan pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery sebagai model pembelajaran mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Guided Discovery, Pemahaman Konsep Siswa

Published
2020-12-31
How to Cite
Santoso, S. M., & Budiyanto, M. (2020). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 8(3), 235-240. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38395
Section
Articles
Abstract Views: 312
PDF Downloads: 290