PENERAPAN MODUL IPA BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP

  • Mohammad Tasroun Nihwan Universitas Negeri Surabaya
  • Wahono Widodo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan nilai literasi sains siswa, dan respons siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan modul IPA berbasis etnosains materi tanah dan keberlangsungan kehidupan di SMP Negeri 1 Dukun. Jenis penelitian ini menggunakaan metode eksperimen dengan desain penelitian True eksperimental dengan menggunakan rancangan penelitian Pretest Posttest Control Group design. Penelitian ini diujicobakan terhadap siswa kelas IX-C SMP Negeri 1 Dukun, Kabupaten Gresik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes literasi sains siswa dan lembar angket respons. Analisis yang digunakan adalah analisis keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh pengamat, analisis tes literasi sains meliputi soal literasi sains berupa pretest, posttest dan N-Gain, dan analisis respon siwa terkait pembelajaran dengan menerapkan modul IPA berbasis etnosains materi tanah dan keberlangsungan kehidupan. Hasil dari penelitian dengan menerapkan modul IPA berbasis Etnosains dinyatakan bahwasanya keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan baik pada kelas manipulasi maupun kelas kontrol terbilang sangat bagus, Nilai kemampuan literasi sains siswa naik, ditinjau dari perhitungan N-Gain diperoleh hasil 0,66 yang termasuk kategori sedang pada kelas manipulasi dan N-Gain 0,50 pada kelas kontrol, serta hasil uji T-Dependen dengan nilai taraf signifikasi 2-Tailed sebesar .001. Pada hasil respon siswa didapatkan modul IPA berbasis etnosains materi tanah dan keberlangsungan kehidupan di salah satu SMP Negeri di Jawa timur sangat baik dengan rata-rata jawaban iya sebesar 85,52%.
Kata Kunci: Keterlaksanaan Pembelajaran, Literasi sains, Modul IPA berbasis etnosains, Penerapan modul IPA

Published
2020-12-31
How to Cite
Nihwan, M., & Widodo, W. (2020). PENERAPAN MODUL IPA BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 8(3), 288-298. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38404
Section
Articles
Abstract Views: 873
PDF Downloads: 838