ANALISIS KEEFEKTIFAN KOMIK EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan komik edukasi dalam meningkatan pemahaman konsep siswa pada materi energi terbarukan. Jenis penelitian dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Intack Group Comparison. Penelitian dilakukan di SMPN 2 Perak dengan 2 kelas sebagai sampel penelitian, kelas kontrol sebagai VII-B dan kelas eksperimen sebagai kelas VII-A. Metode test yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan komik dalam pembelajaran digunakan sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Data nilai pre-test dan post-test kemudian dianalisis untuk mendapatkan peningkatan pemahaman konsep siswa. Pada hasil uji-t menunjukkan kelas eksperimen memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan selama pembelajaran, dengan kelas eksperimen yang lebih baik dari kelas kontrol. Pada nilai n-gain kelas kontrol sebesar 0,11 dan kelas eksperimen sebesar 0,86, hal ini membuat kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dalam hal pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan komik sangat efektif.
References
Aryani, P. R., Akhlis, I., & Subali, B. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbentuk augmented reality pada peserta didik untuk meningkatkan minat dan pemahaman konsep IPA. UNNES Physics Education Journal, 8(2), 90–101. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/33309
Aulia, J., P, N. D. P., Zarkasih, Z., & Novia, L. T. (2020). Meta-analisis pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantuan komik terhadap hasil belajar IPA siswa SMP. Journal of Natural Science and Intergration, 3(1), 70–76. http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/JNSI/article/view/9617
Dafira, I. S., & Widodo, W. (2021). Efektivitas model discovery learning berbasis digital terhadap pemahaman konsep materi sistem pencernaan. PENSA E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(2), 182–187. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38027
Damopolli, I. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media pembelajaran komik IPA terpadu terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Simposium Nasional MIPA, 134–137. https://osf.io/preprints/inarxiv/8qewt/
Damopolli, I., Werimon, S., & Nunaki, J. H. (2016). Pengaruh model pembelajaran STAD dipadu media pembelajaran komik materi sistem pencernaan manusia terhadap hasil belajar siswa. Pancaran, 5(3), 61–70. http://repository.unipa.ac.id/xmlui/handle/123456789/345
Fauzia, R. J., Hudallah, N., & Supraptono, E. (2015). Penerapan model STAD dalam pembelajaran materi ajar penggunaan perangkat lunak presentasi. Dinamika Pendidikan, 5(3). http://i-rpp.com/index.php/dinamika/article/view/265
Gusti, N., Santika, A., Susy, P., Astini, N., & Sipahutar, I. E. (2020). Edukasi dengan media komik terhadap efikasi diri pada anak usia sekolah. Jurnal Gema Keperawatan, 13(2). http://ejournal.poltekkes-denpasar.ac.id/index.php/JGK/article/view/1318
Hake, R. R. (1999). Analyzing change / Gain score. Indiana: Indiana University, 2, 335–438. https://physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf
Huda, M. K. (2018). Peningkatan pemahaman konsep siswa SMP pada sub materi asam basa garam dan penerapan model discovery learning. PENSA E-Jurnal: Pendidikan Sains, 6(2), 73–77. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23062
Khoiriyah, Z., Astriani, D., & Qosym, A. (2021). Efektivitas pendekatan etnosains dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa materi kalor. PENSA E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(3), 433–442. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/41094
Kurniawan, D., & Suryana, Y. (2015). Penerapan media komik matematika terhadap peningkatan pemahaman konsep perkalian dan pembagian bilangan cacah di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 1(1), 1–6. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/137
Pramadi, I., Suastra, I., & Candiasa, I. (2013). Pengaruh penggunaan komik berorientasi kearifan lokal Bali terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep fisika. Journal Progam Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1–10. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/download/565/357
Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi. (2014). Penggunaan media komik dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif dan afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413–420. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385
Ridha, A., Selviana, & Azzwar, F. (2016). Efektivitas media komik pada pengetahuan dan sikap mengenai cuci tangan pada siswa sekolah dasar. LINK, 12(1), 1–7. https://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/link/article/view/405
Sujana, N. & Ibrahim. (2001). Penelitian dan penilaian pendidikan. Sinar Baru Algasindo.
Yulianingsih, E., & Ikhsan, J. (2018). Pengembangan media komik IPA berbasis karakter untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(2), 123–131. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/23943
Copyright (c) 2022 PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PDF Downloads: 230