PENGGUNAAN E-MODUL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI KALOR

  • Windi Nur Aeni Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Wahono Widodo Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Interactive e-module, learning outcomes, heat

Abstract

This research aimed to describe the implementation of the learning process, improved learning outcomes and student responses to the use of interactive e-modules in heat material in learning. This study is a pre-experiments study, using one group pretest-posttest design. The study was conducted on 32 students from class VII-H SMPN 5 Gresik. Sample selection uses random sampling techniques. Data collection methods used in the form of observations, tests and questionnaires. The results of the data collection will be analyzed using mode values to measure learning performance, normality tests and paired t-tests to measure the significance of improved learning outcomes, calculate N-Gain scores, and calculate percentage averages in each aspect of the questionnaire to measure students' response to learning. The results of this study obtained that, the learning process has been carried out in a very good category. Student activity increased at the second meeting, which was 75% with a high category. Obtained the average N-gain value of students in one class of 0.65, so that it can be expressed in the moderate category. Learning outcomes experienced a significant increase, as they gained a value significance of 0,000<0.05. Judging from the results of the response, 96.35% of students gave a positive response to the learning process. The conclusion of this study is that the use of interactive e-modules on heat material can improve learning outcomes for students of class VII-H SMPN 5 Gresik.

References

Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2). 200-201. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688

Astriyani, A., & Fajriani, F. (2020). Pengaruh penggunaan media audio visual youtube materi pythagoras terhadap keaktifan belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1). 88-89. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.87-90

Bisri, W. (2019). Pengaruh media pembelajaran animasi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA pemanasan global kelas VII SMPN 5 Tinambung kab. Polman [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makasar]. 60-65. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/10345-Full_Text.pdf

Dalyono, M. (2005). Psikologi pendidikan (3rd ed.). Rineka Cipta.

Dewi, A., Sitompul, H., & Napitupulu, E. (2018). Pengembangan e-modul pembelajaran ekonomi SMA. Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 5(2). 111-112. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12592

Dewi, I. S., Sunarno, W., & Dwiastuti, S. (2019). Pengembangan modul IPA berbasis saintifik pada materi interaksi mahluk hidup dengan lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan IPA, 8(2). 5-9. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v8i2.37757

Halimatusadiah, A. M. A. (2017). Pengaruh pendekatan kontekstual berstrategi react terhadap kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 4(3). 212-216. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v4i3.7766

Harjianto. (2017). Pengaruh ketersediaan media audio visual terhadap keaktifan belajar PKN siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangorejo Banyuwangi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(1). 10-11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/v2.n2.2017.1-11

Haryanto. (2021, Maret 20). Pengertian pendidikan menurut para ahli. Ruangguruku. https://ruangguruku.com/pengertian-pendidikan-menurut-ahli/#:~:text=Dari beberapa pengertian pendidikan menurut,sendiri tidak dengan bantuan orang

Hasanah, R. N., & Dewi, U. (2016). Pengembangan media modul elektronik pada mata pelajaran IPA materi pokok kalor dan perpindahannya di kelas VII G SMPN 34 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 7(2). 5-6. https://core.ac.uk/download/pdf/230607690.pdf

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Developing interactive chemistry e-modul for the second grade students of senior high school. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2). 187-190. https://core.ac.uk/download/pdf/230607690.pdf

Hisbiyati, H., & Khusnah, L. (2017). Penerapan media e-book berekstensi epub untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMP pada mata pelajaran IPA. Jurnal Pena Sains, 4(1). 18-20. https://doi.org/10.21107/jps.v4i1.2775

Kahfi, M., Nurparida, N., & Srirahayu, E. (2021). Penerapan multimedia interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Jurnal Petik, 7(1). 68-69. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.986

Kartikasari, G. (2016). Pengaruh media pembelajaran berbasis multimedia terhadap motivasi dan hasil belajar materi sistem pencernaan manusia: Studi eksperimen pada siswa kelas V MI Miftahul Huda Pandantoyo. Jurnal Dinamika Penelitian, 16(1). 31-32. https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.1.59-77

Khasanah, K., Muhlas, M., & Marwani, L. (2020). Development of e-learning Smart Apps Creator learning media for selling employees on paid tv. Akademika, 9(02). 136-141. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i02.819

Kusrini, D., & Haryanto, H. (2019). Pengembangan modul virtual interaktif: Inovasi sumber belajar untuk meningkatkan hasil belajar. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1). 24-25. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.26678

Linda, R., Zulfarina, Mas’ud, & Teja, P. (2021). Peningkatan kemandirian dan hasil belajar peserta didik melalui implementasi e-modul interaktif IPA terpadu tipe connected pada materi energi SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2). 197-198. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19012

Ma’rifah, E., Parno, & Mufti, N. (2016). Identifikasi kesulitan siswa pada materi suhu dan kalor. Seminar Nasional Pendidikan, 1. 128-131. https://core.ac.uk/display/95302317

Miftah, M. (2015). Peran dan fungsi multimedia pembelajaran interaktif ( mpi ) untuk PAUD role and function on interactive multimedia learning ( iml ). Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(1). 53-55. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/145

Mutmainnah, M., Aunurrahman, A., & Warneri, W. (2021). Efektivitas penggunaan e-modul terhadap hasil belajar kognitif pada materi sistem pencernaan manusia di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3). 1628-1630. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952

Nandy. (2021, Juli 12). 4 teori belajar (behavioristik, kognitif, konstruktivisme, & humanistik. Gramedia.com. https://www.gramedia.com/best-seller/teori-belajar/

Nasrullah, M., Adib, H., Misbah, M., Syafrawi, & Sahibudin, M. (2021). Dale's theory dan bruner's theory (analisis media dalam pentas wayang santri Ki Enthus Susmono). Jurnal Penelitian dan Pemikiran Keislaman, 8(2). 232–233. https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/download/111/99

Nasrum, A. (2018). Uji normalitas data untuk penelitian. Jayapangus Press.

Nasution, J. A., Neviyarni, N., & Alizamar, A. (2017). Motif siswa memiliki smartphone dan penggunaannya. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2). 15–16. https://doi.org/10.29210/02017114

Nuraisah, E., Irawati, R., & Hanifah, N. (2016). Perbedaan pengaruh penggunaan pembelajaran konvensional dan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar siswa pada materi pecahan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1). 295-296. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3033

Nurmawarni, S. (2018). Pengaruh pendekatan kontekstual dalam motivasi belajar siswa sekolah menengah pertama. ScienceEdu, 1(1). 46-48. https://doi.org/10.19184/se.v1i1.9492

Nursamsu, & Kusnafizal. (2017). Pemanfaatan media pembelajaran ict sebagai kegiatan pembelajaran siswa di SMP Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 1(2). 168-169. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/article/view/9691/7671

Oktavia, R. (2020). Pengaruh multimedia interaktif pada pembelajaran biologi jaringan tumbuhan terhadap keaktifan dan pengetahuan siswa SMAN 6 Darul Makmur. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3). 78-80. https://doi.org/10.51276/edu.v1i3.66

Pallant, J. (2010). Spss survival manual: A step by step guide to data analysis using the spss program. McCraw-Hill.

Parata, T., & Zawawi, M. (2018). Pemanfaatan multimedia interaktif pembelajaran IPA-Biologi terhadap motivasi dan kemampuan kognitif siswa SMP Negeri 14 Kota Palembang. Jurnal Ecoment Global, 3(2). 162-163. https://dx.doi.org/10.35908/jeg.v3i2.476

Pradana. (2020). Penerapan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif model tutorial pada materi sistem peredaran darah untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP [Skripsi, Universitas Negeri Surabaya]. 54–58.

Qosyim, A., & Priyonggo, F. V. (2017). Penerapan media pembelajaran interaktif menggunakan flash. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2). 38–44. https:/journal.unesa.ac.id/index.php/jppipa/article/view/3089

Rahayu, S. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran IPA terhadap minat belajar dan pemahaman konsep siswa tentang struktur bumi di kelas V Sekolah Dasar [Thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto]. 32-33. http://repository.ump.ac.id/507/

Ramadhani, N. (2020, Januari 21). Pentingnya memahami fungsi dan tujuan dari pendidikan. Akseleran. https://www.akseleran.co.id/blog/pendidikan-adalah/

Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan e-modul interaktif berbasis android pada mata kuliah strategi belajar mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1). 3-13. https://doi.org/10.21009/jps.091.01

Sereliciouz. (2021, Mei 7). Pembelajaran kontekstual: Pengertian, tujuan, prinsip. Quipper Blog. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/pembelajaran-kontekstual/

Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis zoom meeting terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4). 1942-1944. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129

Tapscott, D. (1998). Digital economy: Promise and peril in the age of networked intelligence. McCraw-Hill.

Tiari, D. A., & Suryani, N. (2016). Penerapan multimedia interaktif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA materi struktur organ tubuh manusia dan fungsinya. Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 16(01). 25-28. https://doi.org/10.20961/teknodika.v14i1.34696

Wasitohadi, W. (2014). Hakekat pendidikan dalam perspektif John Dewey tinjauan teoritis. Satya Widya, 30(1). 53–54. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p49-61

Widodo, W., Sudibyo, E., Suryanti, Sari, D. A. P., Inzanah, & Setiawan, B. (2020). The effectiveness of gadget-based interactive multimedia in improving generation z’s scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2). 250-253. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23208

Zakky. (2020, Maret 30). Pengertian hasil belajar: definisi, fungsi, tujuan, faktor (lengkap). ZonaReferensi.com. https://www.zonareferensi.com/pengertian-hasil-belajar/

Published
2022-07-31
How to Cite
Aeni, W., & Widodo, W. (2022). PENGGUNAAN E-MODUL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI KALOR. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 10(2), 193-202. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/44740
Section
Articles
Abstract Views: 545
PDF Downloads: 882