VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN METODE PICTORIAL RIDDLE BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran metode pictorial riddle berbantuan flashcard pada materi sistem peredaran darah manusia. Metode pictorial riddle berisi teka - teki gambar yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep. Pemahaman konsep pada materi sistem peredaran darah manusia rendah, sehingga perlu adanya perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kelayakan perangkat pembelajaran ditinjau dari hasil validasi yang ditinjau dari tiga ahli. Jenis penelitian ini menggunakan model Research & Development (R&D). Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar telaah dan lembar validasi. Lembar telaah berisi uraian deskriptif berupa saran dan komentar. Lembar validasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, LKPD, handout, soal pretest-posttest dan media flashcard. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar instrumen validasi dengan menggunakan skala Likert. Hasil pengumpulan data rekapitulasi validitas perangkat pembelajaran metode pictorial riddle berbantuan flashcard pada materi sistem peredaran darah manusia pada silabus validitas modus sebesar 4, modus validitas RPP diperoleh nilai 5, modus validitas LKPD diperoleh nilai 5, modus validitas handout diperoleh nilai 4, modus validitas soal pretest-posttest diperoleh nilai 5 dan modus validitas media flashcard diperoleh nilai 5. Kesimpulan dari penilitian ini perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat layak dan dapat digunakan dalam membantu peserta didik meningkatkan pemahaman konsep dalam materi sistem peredaran darah manusia.
Kata Kunci: validitas, perangkat pembelajaran, pictorial riddle
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

