KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SAINS OUTDOOR
Abstract
Meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas VII setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian dengan jenis pre-experimental dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest yang dilaksanakan di kelas VII SMP dengan melibatkan 32 siswa. Metode yang dipilih dalam penelitian ini ialah dengan metode tes. Metode tes yang diterapkan berupa pretest dan posttest untuk mengetahui kemampuan awal serta akhir siswa. Dalam penelitian, hasil N-Gain kelas VII mengalami peningkatan sejumlah 2 siswa dengan kriteria tinggi dan mengalami peningkatan sejumlah 30 siswa dengan kriteria sedang. Secara keseluruhan rata-rata peningkatan yang dihasilkan siswa adalah 0,60 yang termasuk dalam kriteria sedang, dengan poin setiap aspek yaitu: (1) identifikasi masalah sebesar 0,82 (tinggi); (2) merumuskan pertanyaan 0,93 (tinggi); (3) menyusun solusi 0,59 (sedang); (4) menentukan solusi sebesar 0,93 (tinggi); (5) menganalisis hasil penyelesaian 0,86 (tinggi); (6) menyimpulkan 0,61 (sedang). Keterampilan pemecahan masalah tiap aspek dengan n-gain rata-rata sebesar 0,78 dalam kategori tinggi. Sesuai dengan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan pemecahan masalah siswa tiap aspek mengalami peningkatan dalam kategori tinggi.
Kata Kunci: problem based learning, sains outdoor, keterampilan pemecahan masalah