PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP

  • Fai'dun Ni'am Universitas Negeri Surabaya
  • Wahono Widodo Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Team Games Tournament (TGT), learning outcome, human excretory system

Abstract

This study aimed to describe the learning outcomes of attitudes, knowledge, and skills with a Team Games Tournament (TGT)  type cooperative learning model in science learning human excretory system material at one of the junior high schools in Gresik. The type of research is quantitative pre-experiment with one group pretest posttest  design research design which was tested on 30 students. The instruments used are observation sheets (assessment of attitudes, and skills), and test sheets pretest-postest. The data obtained were then analyzed by score analysis and attitude and skill assessment criteria, and test analysis with Shapiro Wilk normality test, Wilcoxon hypothesis  test, and N-Gain. The results showed that the application of the TGT cooperative learning model increased, in terms of the increase in pretest and posttest which obtained an average N-Gain of 0.77 in the high category. Attitude learning outcomes also improved from meetings I, II, and III with an average of 82.22 in the very good category. In addition, the students' skill learning outcomes obtained an average of 84.38 with very good criteria. Based on the results of the research, it was concluded that the application of the TGT cooperative learning model can improve student learning outcomes.

Author Biographies

Fai'dun Ni'am, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi S1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Wahono Widodo, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi S1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

References

Andari, R. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis game edukasi Kahoot! pada pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069

Arends, Richard. (2008) Learning to teach (7th ed.). McGraw Hill Company.

Asra, S. (2007). Metode pembelajaran. CV. Wacana Prima.

Ertikanto, C. (2016). Teori belajar dan pembelajaran. Media Akademi.

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. In Hermayawati, L. Kurniawan, E. Hartati, A. T. Wibowo, & N. Khuzaini (Eds.), Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional (Vol. 2, Issue 1, pp. 93–97). http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran kontekstual konsep dan aplikasi. Refika Aditama.

Lestari, P. T., Sudibyo, E., & Aulia, E. V. (2023). Penerapan model pembelajaran teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS. 11(1), 16–21. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/46425

Mohd Razali, N., & Bee Wah, Y. (2011). Power comparisons of Shapiro-Wilk, Kolmogorov-Smirnov, lilliefors and Anderson-Darling tests. Journal of Statistical Modeling and Analytics, 2(1), 13–14.

Muah, T. (2022). Penerapan metode resitasi dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII F di SMP Negeri 2 tuntang Tahun Pelajaran 2021-2022. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2, 428–435. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2980

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku ajar dasar-dasar statistik penelitian. Sibuku Media.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 35 tahun 2018 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertaman/Madrasah Tsanawiyah. (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 1690). https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=2005

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 37 tahun 2018 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 1692). https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=2007

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 21 tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2022 Nomor 460). https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=3104

Primandari, dkk. (2019). Perbedaan pengaruh model kooperatif tipe TGT dan STAD dengan multimedia interaktif ceria terhadap sikap sosial dan hasil belajar kognitif pada pembelajaran tematik kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 83-91. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.82

Rahmadani, L., Fadilah, M., & Darussyamsu, R. (2022). Analisis penerapan flipped learning dalam pembelajaran. JOTE: Journal On Teacher Education, 3(3), 381–387. https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4984

Riduwan. (2013). Dasar-dasar statistika. Alfabeta.

Riyanto, H. Y. (2014). Paradigma baru pembelajaran: sebagai referensi bagi pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Prenada Media.

Santrock, J. W. (2018). Educational psychology: Theory and application to fitness and performance. McGraw-Hill Education.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Slavin, R. E. (2005). Cooperative learning: Theory research and practice. Nusa Media.

Sudjana, Nana. (2010). Dasar-dasar proses belajar mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian hasil belajar mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syah, M., & Belajar, P. (2003). Psikologi belajar. PT. Raja Grafindo Persada.

Thurrodliyah & Kukuh. (2023). Studi literatur: implementasi guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran biologi abad-21 di sekolah menengah atas. ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA, 6(1), 12-15. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.39681

Ulfaeni, S. (2017). Pengembangan media monergi (monopoli energi) untuk menumbuhkan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 136–144. https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.4990

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301). https://jdih.kemenparekraf.go.id/katalog-1016-produk-hukum

Published
2023-12-31
How to Cite
Ni’am, F., & Widodo, W. (2023). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 11(3), 219-225. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/53894
Section
Articles
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 39