PERSEPSI SISWA SMP TERHADAP PROBLEM ENVIRONMENTAL INPUT PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN IPA

  • Rimza Nuralifah Widyasari Universitas Negeri Surabaya
  • Wahono Widodo Universitas Negeri Surabaya
Keywords: perception, environmental input education, science lessons

Abstract

This research aimed to determine the perception of Junior High School students on environmental problems of educational input in science learning. The type of this research was quantitative descriptive using survey methods. The number of samples used was 60 students in 8 grade with random sampling. This research used a distributing questionnaires as a data collection technique. The results of this research were the aspects of the state of the facilities and infrastructure in schools was classified as very high, in the aspect of learning facilities at home, the implementation of discipline in schools, student relationships with other school members was classified as high, while there were environmental problems of educational input that affect students in aspects parental education, relationships between family members, home atmosphere, and the learning process in schools was relatively low, resulting in learning difficulties and unsatisfactory results in science lessons.

Author Biographies

Rimza Nuralifah Widyasari, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Wahono Widodo, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

References

Adyatma, R. T., Mulyanto, & Tahyudin, D. (2020). Interaksi sosial peserta didik di lingkungan sekolah dalam pembentukan karakter di SMA Negeri 2 Kayuagung. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 301–314. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/1595/972akib

Arianti, A. (2019). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. Jurnal Didaktika, 11(1), 41-46. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161

Arikunto. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Rineka Cipta.

Astuti, R., Widha, S., & Suciati, S. (2016). Pembelajaran fisika menggunakan pendekatan inkuiri dengan metode eksperimen dan proyek ditinjau dari sikap ilmiah dan kreativitas belajar siswa. Jurnal Inkuiri, 13(1), 87–96. https://media.neliti.com/media/publications/176305-ID-pembelajaran-ipa-dengan-pendekatan-ketra.pdf

Bakar, A. (2020). Keluarga sebagai pondasi lingkungan pendidikan. Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak, 2(2), 142-150. https://doi.org/10.24235/equalita.v2i2.7450

Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan praktikum dalam meningkatkan keterampilan proses dan kerja peserta didik di laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289

Chayani, L., & Januardi, J. (2019). Pengaruh fasilitas sekolah terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Pendopo Pali. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 3(2), 249–258. https://doi.org/10.31851/neraca.v3i2.4144

Dinatha, N. M., & Laksana, D. N. L. (2017). Kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran IPA terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2), 214–223. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/555

Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. UNDIP.

Daud, M. N. (2017). Efektivitas pengelolaan laboratorium IPA pada SMP Negeri 1 Mambroko Kabupaten Sumba Tengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 35-43. https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/JPE/article/download/103/71

Hasan, N., Baso, A., & Jamaluddin, S. A. (2019). Analisis kepatuhan peserta didik terhadap tata tertib sekolah pada SMP Negeri 2 Barombong Kabupaten Gowa. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(1), 1–7. https://doi.org/10.26618/jed.v4i1.1980

Fraenkel, J. R., Norman, W., & Helen, H. (1993). How to design and evaluate research in education. McGraw-Hill.

Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana dan prasarana pembelajaran sebagai faktor determinan terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 63-68. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9457

Kadariah, K. (2019). Peranan komunikasi antar pribadi orang tua dengan anak dalam meningkatkan prestasi belajar di kelas VI pada SD Negeri BTN Pemda Kota Makassar. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 2(1), 37-42. https://doi.org/10.26858/jekpend.v2i1.9094

Kusumawati, I. (2013). Menciptakan iklim kenyamanan belajar di dalam keluarga. Academy of Education Journal. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 59-70. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/104?articlesBySameAuthorPage=2

Kusworo, K., & Islamiyah, S. (2019). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat melanjutkan kejenjang sekolah menengah atas. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 4(1), 58-65. https://doi.org/10.32493/eduka.v4i1.3827

Latief, A. (2016). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada peserta didik di SMK Negeri Paku Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali …. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial …, 7(1), 13–26. https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/pepatudzu/article/view/11

Lestari, N. S. (2020). Hubungan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar peserta didik Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Kota Padang. Jurnal Al-Taujih, 6(1), 56-61 https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/1753.

Meti, M., & Nurhidayah, Y. (2018). Peran komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam memberikan motivasi belajar. ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 9(1), 15-25. https://doi.org/10.24235/orasi.v9i1.2961

Muakhirin, B. (2014). Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan pembelajaran inkuiri pada siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru “COPE", 2(1), 52–53. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/download/2933/2453

Nasution, S. (2019). Pendidikan lingkungan keluarga. Jurnal Tazkiya, 8(1), 115–124. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/457

Ngadi. (2013). Diagnosis kesulitan belajar IPA (Sains) peserta didik SMP Negeri 3 Sumenep. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 3(2), 15-22. https://doi.org/10.24929/lensa.v3i2.1258

Novrida. (2017). Peran orangtua dalam pendidikan anak usia dini ditinjau dari latar belakang pendidikan. Jurnal Potensia, 2(1), 39-45. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/3721

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto, 1(1), 24–44. https://www.readcube.com/articles/10.24090/jk.v1i1.530

Putri, S. E. (2014). Analysis of students learning difficulties on fungi subject matter in grade X science of SMA Negeri 3 Medan Academic Year 2013/2014. International Journal of Recent Scientific Research, 10(11), 35738-35741. http://dx.doi.org/10.24327/ijrsr.2019.1011.4160

Saharuddin, S., & Wahab, M. (2019). Analisis kesulitan dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri Limboro. Jurnal IPA Terpadu, 2(2), 75–83. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i2.11148

Saibah, S., & Wantini, W. (2021). Pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(1), 47–56. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i1.610

Setyorini, I. D., & Wulandari, S. S. (2021). Media pembelajaran, fasilitas dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar selama pandemi covid-19. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 19–29. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13598

Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang efektif dan menyenangkan bagi siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1), 39-52. https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969

Suriadi. (2018). Etika interaksi edukatif guru dan murid menurut perspektif Syaikh ʻAbd Al-Ṣamad Al- Falimbānī. DAYAH: Journal of Islamic Education, 1(2), 145–163. http://dx.doi.org/10.22373/jie.v1i2.2928

Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini. Kencana Prenada Media Group.

Susilo, B. (2018). Manajemen laboratorium dalam upaya mewujudkan prestasi belajar IPA. Jurnal Media Manajemen Pendidikan, 1(2), 225-227. https://doi.org/10.30738/mmp.v1i2.3256

Sutrisno, H. (1991). Metodologi research. Andi Offset.

Wibowo, I. S. (2018). Hubungan peran guru dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181-201. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758

Yanti, L., Harahap, F., & Harahap, T. (2021). Pengaruh fasilitas belajar di rumah terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Jurnal Misi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS), 4(2), 189-196. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MISI/article/view/2623

Yolanda, S., Astuti, I., & Endang, B. (2013). Hubungan antara pergaulan teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP. Journal Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling FKIP Untan, Pontianak, 2(1), 1–14. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16529

Published
2022-12-31
How to Cite
Widyasari, R., & Widodo, W. (2022). PERSEPSI SISWA SMP TERHADAP PROBLEM ENVIRONMENTAL INPUT PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN IPA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 10(3), 426-433. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/45809
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 74