ANALISIS PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK
Keywords:
Kearifan Lokal, PBL, Keterampilan Proses SainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains peserta didik, keterlaksanaan penerapan model pembelajaran PBL berbasis kearifan lokal, dan respon peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran PBL berbasis kearifan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan menggunakan rancangan percobaan The Only Pretest-Posttest Control Group Design. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII B di SMP Negeri 1 Maduran Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis nilai pretest dan posttest kelas VIII B mengalami peningkatan keterampilan proses sains dengan N-gain sebesar 62,1% dengan kriteria cukup efektif dan pada kelas VIII A sebesar 19,7% dengan kriteria tidak efektif. Peserta didik memberikan respon dengan kategori baik terhadap penerapan model pembealajaran PBL berbasis kearifan lokal dengan persentase pada masing-masing aspek yaitu minat peserta didik 79%, KPS peserta didik sebesar 78%, dan kepuasan peserta didik sebesar 77%. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi zat aditif.
Downloads
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmayanti, N., Manurung, K. S. B., Hasibuan, H., Puspita, S., Ginting, M. F. S., & Harahap, M. A. (2023). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 161. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1329.
Firdaus, N. N., & Subekti, H. (2021). Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains Pembelajaran Daring Menggunakan Media Microsoft Teams. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(3), 297–303. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa.
Fitriani, N., Efendi, I., & Harisanti, B. M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Desa Sembalun untuk Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa MTs. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 7(1), 68. https://doi.org/10.33394/bjib.v7i1.2386.
Gasila, Y., Fadillah, S., & Wahyudi. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Menyelesaikan Soal IPA di SMP Negeri Kota Pontianak. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 06(1), 14–22.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physics Indiana University.
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Jurnal basicedu. 5(3), 1349–1355.
Khaerani, S. H., Utami, S. D., & Mursali, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Journal of Banua Science Education, 1(1), 35–42. https://doi.org/10.20527/jbse.v1i1.2
Kusmiati, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalammeningkatkan Hasil Belajar Siswapada Pembelajaran IPA Dalammemahami Konsep Hubungan Antara Struktur Organ Tubuh Manusia Dengan Fungsi Danpemeliharaannya. Jurnal Tahsinia, 1(1), 49–62.
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18.
Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53.
Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401.
Noviyanti, Sahala, S. stepanus, & Cinthya, H. R. (2023). Jurnal dunia pendidikan. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 67–78.
Nuralita, A. (2020). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Bebasis Etnosains dalam Pembelajaran SD. Jurnal Undiksha 8(1):1-8.
Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R. R., Gunawan, I., & Sayekti, I. C. (2019). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. SEJ (Science Education Journal), 3(1), 25–31. https://doi.org/10.21070/sej.v3i1.2426.
Rahayu, A. H., & Anggraeni, P. (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 5(2), 22–33. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753.
Sakdiah, Syukri, M., & Mursal. (2018). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kps Pada Materi Listrik Dinamis Siswa SMP Program studi Fisika FKIP Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 02(01), 41–49.
Senisum, M. (2021). Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 13(1), 76–89. https://doi.org/10.36928/jpkm.v13i1.661.
Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), VI(2), 93–99.
Situmeang, I. R. V. O. (2021). Hakikat Filsafat Ilmu dan Pendidikan dalam Kajian Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jurnal KRA-ITH Humaniora, 5(1), 76–92.
Sudirgayasa, I. G., Surata, I. K., Sudiana, I. M., Maduriana, I. M., & Gata, I. W. (2021). Potensi Ekowisata Lembu Putih Taro Sebagai Konten dan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Kearifan Lokal Hindu Bali. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 343. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.36424.
Syazali, M., & Umar, U. (2022). Peran Kebudayaan Dalam Pembelajaran IPA Di Indonesia: Studi Literatur Etnosains. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 344–354. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.2099.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

