ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKPD BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Authors

  • Nur Asyiah As'adah Universitas Negeri Surabaya
  • Beni Setiawan Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Discovery Learning, Berpikir Kritis, LKPD, Kearifan Lokal

Abstract

Pendidikan hendaknya mampu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di era abad ke-21. Salah satu keterampilan abad ke-21 yang perlu dimiliki siswa yaitu keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan penerapan model Discovery Learning berbantuan LKPD berbasis kearifan lokal pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes, dan angket respon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, yang ditandai dengan skor N-Gain sebesar 0,64 dengan kriteria sedang. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model ini memiliki hasil persentase sebesar 97,3% dengan kategori sangat baik. Respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan hasil yang sangat baik, total persentase sebesar 78,46% dengan kriteria sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiana, A., & Fathoni, A. (2022). Kesulitan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5721–5727. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3123

Amali, K. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 70. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151

Ariani, D. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KALOR DI SMP.

Atmajawati, Y., Khamimah, W., & Agustin, E. S. (2019). Inovasi Proses Pembuatan Otak-Otak Bandeng Sebagai Produk Unggulan Kabupaten Gresik. Jurnal Penamas Adi Buana, 3(2), 15–22. https://doi.org/10.36456/penamas.vol3.no2.a2217

Budiarti, I. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Riser Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 167–183.

Chairunnisak. (2019). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ABAD 21 DI INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 351–359.

Costadena, N. M. (2022). E-LKPD Interaktif Berbasis Discovery Learning pada Muatan IPA Materi Ekosistem. 6(2), 180–190.

Dahlan, R. R. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Redoks Siswa SMAN 2 Buru. Chemistry Education Review (CER), 6(2), 141. https://doi.org/10.26858/cer.v6i2.45204

Desi, P. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Ennis, R. H. (2011, July). The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. In Sixth International Conference on Thinking, Cambridge, MA (pp. 1-8)

Habsy, B. A. (2023). O f a h. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4, 308–325.

Hanipah, S., Jalan, A. :, Mopah, K., & Merauke, L. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Siswa Menengah Atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(2), 264–275.

Kurniasih, R., & Hakim, D. L. (2019). Berpikir kritis siswa dalam materi segiempat. Prosiding Sesiomadika, 2(1e), 1135–1145. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2911, diakses Kamis ‎4 Maret ‎‎2021 pukul ‏‎16:52:02 WIB

Laeni, S., Zulkarnaen, Z., & Efwinda, S. (2022). Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 13 Samarinda Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 105–115. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.935

Lestari, T. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Budaya Lokal Untuk Anak Usia Dini Melalui Program Entrepreneurial Kids Makanan Khas Gresik. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2), 1024–1033. https://doi.org/10.58258/jime.v9i2.4967

Mashudi, M. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Siswa Keterampilan Abad Ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187

Nurhayati, A., Suprijono, A., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 7(2), 53–59. https://doi.org/10.30743/mes.v7i2.5155

Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, resiana ridha, Gunawan, I., & Sayekti, ika candra. (2019). Implementasi Kearifan lokal dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. Science Education Journal, 3(1), 26.

Putri, C. D., Pursitasari, I. D. & Rubini, B. (2020). Problem Based Learning Terintegrasi STEM di Era Pandemi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA. 4(2), 193-204. Https://Jurnal.Usk.Ac.Id/JIPI/Article/Vie w/17859

Rahmayani, E. S., & Fadly, W. (2022). Analisis Kemampuan Siswa dalam Membuat Kesimpulan dari Hasil Pratikum. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(2), 217–227. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i2.765

Sari, D. M., Armanto, D., & Panjaitan, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 5 Mandau pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Humantech, 2(1), 111–120.

Sari, E. (2023). Pengembangan Resep Otak Otak Bandeng dengan Teknologi Tepat Guna di Era Masyarakat 5 . 0. Prosiding Seminar Nasional Teknik Tahun 2023 (SENASTIKA 2023) Universitas Islam Kalimantan MAB ISBN, 2015–2017.

Sari, M. W., Sunarto, A., & Walid, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kearifan lokal Pada Mata Pelajaran IPAUntuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa di SMPNegeri 15 Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 127–135. https://doi.org/10.5281/zenodo.5819172

Sudarmin. (2015). Pendidikan Karakter, Kearifan lokal dan Kearifan Lokal: Konsep dan Penerapannya dalam Penelitian dan Pembelajaran Sains. Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Walidah, M., Evendi, & Rahmatan, H. (2023). Penerapan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kearifan lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(1), 84–95. https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i1.26854

Wijaya, E. Y. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia disi Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.

Winarso, A., Siswanto, J., & Roshayanti, F. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berfikir Kritis Siswa SMP Negeri 2 Moga. Jurnal Kualita Pendidikan, 4(1), 16–27. https://doi.org/10.51651/jkp.v4i1.342

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

As’adah, N. A., & Setiawan, B. (2024). ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKPD BERBASIS KEARIFAN LOKAL. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 12(3), 109–114. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/62066

Issue

Section

Articles
Abstract views: 233 , PDF Downloads: 89