Pengaruh Edukasi Berbasis Video Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Konsumsi Gula, Garam, Lemak (GGL) Pada Siswa MAN 1 Tuban
Kata Kunci:
GGL, video, siswa, edukasiAbstrak
Gula-garam-lemak (GGL) merupakan tiga jenis zat yang mempunyai batasan dalam konsumsinya. Konsumsi GGL berlebih dapat menyebabkan terjadinya Penyakit Tidak Menular (PTM), konsumsi GGL berlebih dapat disebabkan oleh kurangnya pengetahuan. Sehingga edukasi konsumsi GGL diperlukan sebagai preventif terhadap PTM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi berbasis video terhadap pengetahuan dan sikap mengenai konsumsi GGL pada siswa MAN 1 Tuban. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi experimental dan desain two group pre-test and post-test, total sampel melalui (rumus slovin + 10%) adalah 84 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (42 siswa) dan kontrol (42 siswa). Media edukasi kelompok eksperimen menggunakan video dan kelompok kontrol menggunakan Power Point. Data pengetahuan melalui tes pilihan ganda sedangkan data sikap diperoleh dengan angket likert. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat, uji hipotesis menggunakan Wilcoxon sedangkan uji beda menggunakan Mann-Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata pre-post pengetahuan maupun sikap pada dua kelompok. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya pengaruh edukasi dengan media video maupun PPT terhadap tingkat pengetahuan dan sikap, dengan nilai signifikansi pengetahuan maupun sikap sebesar p=0,000. Hasil uji Mann-Whitney nilai post-test pengetahuan antara kelompok video dengan kelompok PPT didapati nilai signifikansi sebesar 0,121 yang berarti tidak adanya perbedaan signifikan antara dua kelompok, namun mean rank post-test pengetahuan kelompok video lebih tinggi dari kelompok PPT. Hasil Mann-Whitney nilai selisih sikap kelompok video dengan PPT didapati nilai signifikansi sebesar 0,014, yang berarti adanya perbedaan signifikan diantara kedua kelompok dan nilai selisih sikap kelompok video lebih tinggi dari kelompok PPT.
Unduhan
Referensi
Adi, Annis Catur.(2016).Karbohidrat.Dalam Buku Ilmu Gizi Teori dan Aplikasi.Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Adityara, S., & Rakhman, R. T. (2019). Karakteristik Generasi Z dalam Perkembangan Diri Anak Melalui Visual. Seminar Nasional Seni Dan Desain: “Reinvensi Budaya Visual Nusantara,” September, 401–406.
Adwinda, M. D., & Srimiati, M. (2019). Hubungan Lingkar Perut, Konsumsi Gula Dan Lemak Dengan Kadar Glukosa Darah Pegawai Direktorat Poltekkes Kemenkes Jakarta Ii. Nutrire Diaita, 11(1), 8–17.
Akbar, H., Nur, N. H., Sarman, & Paundanan, M. (2021). Pengetahuan Ibu Berkaitan dengan Penggunaan Garam Beryodium di Tingkat Rumah Tannga di Desa Muntoi Kecamatan Passi Barat. Infokes: Info Kesehatan, 11(2), 389–393.
Akdon, & Riduwan. (2013). Rumus dan Data dalam Analisis Statistik. Bandung:Alfabeta
Amiroh, A., Dwiyana, P., & Mardiyah, S. (2021). Edukasi Gizi Pola Konsumsi Rendah Gula, Garam, Lemak (GGL) pada Remaja. Community Empowerment, 6(4),595–601. https://doi.org/10.31603/ce.4600
Andrasari, N. A., Haryanti, Y. D., & Yanto, A. (2022). Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Bagi Guru Sd. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 36–44.
Anisa, S. N., Indrawati, C. D. S., & Subarno, A. (2023). Pengaruh media belajar Youtube dan lingkungan sosial terhadap motivasi belajar siswa generasi Z. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 7(3), 190. https://doi.org/10.20961/jikap.v7i3.62651
Apriansyah, M. R., Sambowo, K. A., & Maulana, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Badan Pusat Statistik (BPS). (2023). Jawa Timur. https://jatim.bps.go.id/id/statistics table/3/TlUxNlYwSXhWRUp6UVhkbVRUQktPRUpzV1VWV1FUMDkjMw==/penduduk-berumur-15-tahun-ke-atas-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kegiatan-selama-seminggu-yang-lalu-di-provinsi-jawa-timur--2023.html
Darsini, Fahrurrozi, & Cahyono, E. A. (2019). PENGETAHUAN ; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, Vol 12, No 1, Januari 2019, 12(1), 95–107.
Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban. (2024), Data Sekunder SPM PTM Tahun 2024.
Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. (2024), Profil Kesehatan Jawa Timur Tahun 2023.
Doloksaribu. (2016). Lemak. Dalam Buku Ilmu Gizi Teori dan Aplikasi.Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Hakim, A., & Triyanti, A. (2020). Model Empiris Impor Garam Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 11(2), 125–135. https://doi.org/10.29244/jmo.v11i2.31620
Hanif, R. A., & Febriyanti, E. (2022). Edukasi Konsumsi Gula, Garam, Dan Lemak Sebagai Upaya Pencegahan Sindrom Metabolik. JURNAL IMPLEMENTA HUSADA, 6(1), 92–97. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8038
Handayani, S. L. (2021) 'Sumber Pengetahuan', Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951-952., pp. 2013-2015
Herawati, N., Kusmaryati, P., & Wuryandari, A. G. (2022). Audio Visual dan Power Point sebagai Media Edukasi dalam Merubah Pengetahuan dan Perilaku Remaja. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(1), 145–152. https://doi.org/10.31539/jks.v6i1.3772
Herlina, P., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan Media Power point Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1800–1809. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Hidayah, N. M., Mintarsih, S. N., & Ambarwati, R. (2022). Edukasi Gizi Seimbang dengan Media Video terhadap Pengatahuan dan Sikap Remaja Putri. Sport and Nutrition Journal, 4, 1–6. https://doi.org/10.1016/j.sasoi.2013.12.010
Ilhami, R., Rahayu, D. S., & Maryati, S. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Animasi Tentang Kesehatan Reproduksi Terhadap Tingkat Pengetahuan. Jurnal Kesehatan Budi Luhur : Jurnal Ilmu-Ilmu Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Dan Kebidanan, 15(2), 660–665. https://doi.org/10.62817/jkbl.v15i2.151
Illavina, & Kusumaningati, W. (2022). Pengaruh Edukasi Pembacaan Label Informasi Nilai Gizi dengan Media Slide PowerPoint terhadap Pengetahuan Siswa SMA Kota Depok. 3(1), 27–35. https://doi.org/10.24853/mjnf.3.1.27-35
Kemenkes. (2018), Apa pengaruh konsumsi GARAM berlebih terhadap penyakit tidak menular?. https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/page/47/apa-pengaruh-konsumsi-garam-berlebih-terhadap-penyakit-tidak-menular.
Kemenkes. (2018), Menkes: Remaja Indonesia Harus Sehat. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20180515/4625896/menkes-remaja-indonesia-harus-sehat/.
Kemenkes. (2019), Penting, Ini yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Konsumsi Gula, Garam dan Lemak. https://ayosehat.kemkes.go.id/penting-ini-yang-perlu-anda-ketahui-mengenai-konsumsi-gula-garam-dan-lemak.
Kemenkes. (2019), Cara Mengurangi Asupan Gula Setiap Hari. https://ayosehat.kemkes.go.id/cara-mengurangi-asupan-gula-setiap-hari
Kemenkes RI. (2022), Konsumsi Gula Berlebih Waspadai Resikonya. https://kemkes.go.id/id/konsumsi-gula-berlebih-waspadai-risikonya
Kemenkes. (2022), Kesehatan Reproduksi Remaja : Permasalahan dan Upaya Pencegahan. https://keslan.kemkes.go.id/view_artikel/29/kesehatan-reproduksi-remaja-permasalahan-dan-upaya-pencegahan
Kemenkes. (2024), “Bahaya Konsumsi Gula Berlebihan: Dampak dan Cara Mencegahnya”. https://ayosehat.kemkes.go.id/bahaya-konsumsi-gula-berlebihan
Kemenkes. (2025), "Indonesia Perkuat Upaya dalam Mengatasi Risiko Konsumsi Garam dan Lemak Trans Berlebih". https://kemkes.go.id/id/indonesia-perkuat-upaya-dalam-mengatasi-risiko-konsumsi-garam-dan-lemak-trans-berlebih.
Khomsan, A. (2021). Teknik Pengukuran Pengetahuan Gizi.Bogor: Penerbit IPB Press
Kusmiyati. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Vidio Powerpoint Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi Pada Kondisi Pandemi Covid-19. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(1), 48–56. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i1.10
Lubis, L. K., (2024). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Tentang Gula, Garam, Lemak Sebelum dan Sesudah Diberikan Penyuluhan dengan Media Slide Power Point pada Dewasa Muda di Karang Taruna Sukabumi Utara RW 03 Jakarta Barat (Skripsi). Jurusan Gizi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II.
Magdalena, I. (2020). Evaluasi Pembelajaran SD. Edited by R. Awahita. Sukabumi: CV Jejak
Mulyani, N. S., & Nisa, P. (2024). Pengaruh media video terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang obesitas (pp. 824–830). SAGO: Gizi dan Kesehatan 2024, Vol. 5(3) 824-830.
Munawaroh, Ismail, Ii., & Rasyid, M. R. (2022). the Influence of Video Media and Power Point Utilities To the Learning Independence on Islamic Education Subject At Sinjai Senior High School. Jicsa, 11, 1.
Nadhiroh, S., Siswati, T., & Rialihanto, M. P. (2022). Hubungan pengetahuan ibu dengan konsumsi gula, garam, dan lemak di kabupaten kulon progo, yogyakarta. 10(September), 539–543.
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252
Nagendra, A., Pramod, N., & Mukund, S. (2020). Salt- An Overview. Acta Scientifci Nutritional Health, 4(8), 09–16. https://doi.org/10.31080/asnh.2020.04.0728
Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168
Notoatmojo, S. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Notoatmojo, S. (2018). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Octaviana, D. R., & Ramadhani, R. A. (2021). Hakikat Manusia: Pengetahuan (Knowladge), Ilmu Pengetahuan (Sains), Filsafat Dan Agama. Jurnal Tawadhu, 2(2), 143–159.
P2PTM (2019), “Pengaruh Konsumsi Lemak Berlebihan Terhadap Penyakit Tidak Menular”.
P2PTM Kemenkes RI. (2021), "Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) (2021), batas konsumsi gula". https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/batasi-gula-garam-lemak
P2PTM Kemenkes RI. (2022), Laporan Tahunan 2022 Pencegahan dan Pengendalian PTM.
Piana, P. (2021). "Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Konsumsi Buah dan Sayur pada Anak Sekolah Dasar di SD Negeri 11 Kota Bengkulu Tahun 2021".
Priawantiputri, W., Mahmudah, U., Rahmat, M., & Rahmawati, R. (2023). Video Animasi dan PPT Dapat Meningkatkan Pengetahuan Tentang Konsumsi Sayur dan Buah Pada SISWA Sekolah Dasar. 33(4), 268–275.
Puspita, E. T. (2021). "Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang Menggunakan Media Video Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri di Masa Pandemi COVID-19 di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu Tahun 2021". In Frontiers in Neuroscience (Vol. 14, Issue 1).
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). (2018), Hasil Utama Riskesdas.2018. https://dinkesjatengprov.go.id/v2018/storage/2019/09/Hasil-Riskesdas-2018.pdf
Riset Kesehatan Dasar (Riset Kesehatan Dasar) . (2018), Potret Kesehatan Indonesia dari Riskesdas.2018. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20181102/0328464/potret-sehat-indonesia-riskesdas-2018/
Sasongkowati, Retno. (2019). Warning : Gula, Garam & Lemak. Temanggung, Jawa Tengah: Penerbit Desa Pustaka Indonesia.
Survei Kesehatan Indonesia. (2023), SKI Dalam Angka Data Akurat Kebijakan Tepat.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryati, I., Primal, D., & Pordiati, D. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Lama Menderita Diabetes Mellitus (DM) dengan Kejadian Ulkus Diabetikum pada Pasien DM Tipe 2 P-ISSN : 2355-9853. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal) Volume 6 Nomor 1 Tahun 2019, 6, 1–8.
Susetyowati. (2016). Gizi Remaja.Dalam Buku Ilmu Gizi Teori dan Aplikasi.Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video pada Pembelajaran PKn di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200.
Taim, Y. A. R. S., Imansari, A., & Solikhah, L. S. (2024). Efektivitas Edukasi Dampak Pernikahan Usia Dini dengan Stunting menggunakan Medium Video terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa SMPN 18 Kinovaro , Kab . Sigi. Effectiveness of Education on the Impact of Early Childhood Marriage on Stunting Using Video Medium. 7(11), 4337–4348. https://doi.org/10.56338/jks.v7i11.5679
Twiceandaru, F., Herlina, S., & Anisa, R. (2023). Efektivitas Media Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Pencegahan Penyakit Demam Tifoid. Journal of Community Medicine, 11(1), 1–10.
Washington State Department of Social and Health Services. Nutrition Education. Viewed 13 Juni 2021. (https://www.dshs.wa.gov/altsa/program-services/nutrition-education)
Wawan, A. & Dewi, M. (2010). Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.
Wulandari, A. (2014). Karakteristik Pertumbuhan Perkembangan Remaja dan Implikasinya Terhadap Masalah Kesehatan dan Keperawatannya. Jurnal Keperawatan Anak, 2, 39–43. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKA/article/view/3954
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Gizi dan Kesehatan Nusantara

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract views: 78
,
PDF Downloads: 94