Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Pemanfaatan Lingkungan Sekitar dalam Pemenuhan Kebutuhan Ekonomi di SMPN 63 Surabaya

Authors

  • Putri Endah Purnamasari Putri Endah Purnamasari Universitas Negeri Surabaya
  • Ketut Prasetyo
  • Nuansa Bayu Segara
  • Silvi Nur Afifah

Keywords:

Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Pembelajaran IPS mengenai pemanfaatan lingkungan untuk kebutuhan ekonomi penting sebab mencakup kajian geografis dan isu lingkungan, yang sering kali kompleks menyulitkan peserta didik dalam memahami dan menyelesaikan persoalan tersebut khususnya kaitan dengan permasalahan konteks nyata, akibatnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan signifikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pemanfaatan lingkungan dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi melalui penggunaan Model Pembelajaran LAPS-Heuristik pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 63 Surabaya. Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen pada pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experimental Design dan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group, sampel dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling, dan instrumen pengukuran kemampuan pemecahan masalah menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah tipe pilihan ganda yang diuji validitas dan reliabilitasnya, serta pengujian hipotesis dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, N-Gain, Paired Sample T-Test, dan Independent Sample T-Test. Hasil pembelajaran IPS pada materi pemanfaatan lingkungan sekitar untuk pemenuhan kebutuhan ekonomi di SMP Negeri 63 Surabaya dengan menggunakan Model Pembelajaran LAPS-Heuristik menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik berada pada kategori sedang, tinggi, dan sangat tinggi, dan tidak ada yang tergolong dalam kategori rendah. Hasil uji N-Gain score sebesar 0,56 (kategori sedang) menunjukkan efektivitas model ini dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, dengan N-Gain persen sebesar 56%. Uji Paired Sample T-Test menunjukkan pengaruh antara kemampuan awal dan akhir pemecahan masalah peserta didik dengan penggunaan model pembelajaran LAPS-Heuristik, dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. .Selain itu, uji Independent Sample T-Test menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan model LAPS-Heuristik daripada model pembelajaran langsung terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah, dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05. Selanjutnya, rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah  peserta didik setelah pembelajaran dengan model LAPS-Heuristik lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai setelah pembelajaran langsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aritonang, B., Sutopo, A., Tuan, P. S., & Unimed, J. P. T. E. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (Laps)-Heuristik Terhadap Kemampuan Kognitif Dan Soft Skill. Journal of Electrical Vocational Teacher Education (JEVTE), 2(1), 10-16.

Martini, E. (2018). Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 3(2), 21-27.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Daimah, U. S. (2023). Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. Sepren, 4(02), 131-139.

Marrissa, S. (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kompleks (Studi Single Subject Pada Siswa Gifted) (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).

Marwazi, M., Masrukan, M., & Putra, N. M. D. (2019). Analysis Of Problem Solving Ability Based on Field Dependent Cognitive Style In Discovery Learning Models. Journal Of Primary Education, 8(2), 127-134.

Sumiati, A. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima, 3.

Farikha, U. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model LAPS-Heuristic untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Fatmasari, H. R., Waluya, S. B., & Sugianto, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Self-Efficacy Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 2, No. 1, Pp. 689-694).

Larasati, M. A., & Dwidayati, N. K. (2021, February). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII pada Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik ditinjau dari Keaktifan Siswa. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 4, Pp. 310-319).

Nurhidayati, W. (2013). Implementasi Model LAPS (Logan Avenue Problem Solving)-Heuristik dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia

Ridha, M. R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis dengan LAPS-Heuristic dan Pendekatan Open-Ended. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 91–108

Anggrianto, D., Churiyah, M., & Arief, M. (2016). Improving Critical Thinking Skills using Learning Model Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic. Journal of Education and Practice, 7(9), 128–136

Downloads

Published

2025-05-11

How to Cite

Putri Endah Purnamasari, P. E. P., Ketut Prasetyo, Nuansa Bayu Segara, & Silvi Nur Afifah. (2025). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Pemanfaatan Lingkungan Sekitar dalam Pemenuhan Kebutuhan Ekonomi di SMPN 63 Surabaya. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(1), 260–274. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/66338

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 80 , PDF Downloads: 22

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2