PENGEMBANGAN LKS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

  • Mirsa Risky Virdaussya
  • Herlina Fitrihidajati

Abstract

Materi Perubahan Lingkungan menuntut siswa tidak hanya menguasai teori, tetapi juga memiliki keterampilan proses dalam mengatasi masalah terkait pencemaran lingkungan dan daur ulang limbah. Keterampilan proses dapat dilatihkan pada siswa melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), yang menekankan pada keterlibatan siswa untuk memperoleh makna di dalam pelajaran kemudian menghubungkan dan menerapkannya dalam kehidupan nyata. Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan media ajar yang dapat membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis CTL untuk melatihkan keterampilan proses sains pada materi Perubahan Lingkungan yang layak berdasarkan validitas serta kepraktisan. Pengembangan LKS mengacu pada model 4-D (define, design,develop dan disseminate), namun hanya dilaksanakan sampai tahap uji coba. Parameter yang diamati dalam penelitian adalah validitas yang ditinjau dari hasil validasi, serta kepraktisan LKS berdasarkan pengamatan keterlaksanaan aktivitas sisa selama menggunakan LKS. Uji coba LKS dilakukan pada 16 siswa SMA Negeri 3 Bangkalan pada bulan Mei 2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata validitas sebesar 3,61 dengan kriteria sangat valid, dan dari segi kepraktisan memperoleh penilaian sebesar 95,93% dengan kategori sangat baik.

Kata Kunci: LKS, CTL, Keterampilan Proses Sains, Perubahan Lingkungan.

Published
2018-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 156
PDF Downloads: 120