Pengembangan E-LKPD Berbasis PBL Sub Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatih Keterampilan Literasi Sains Siswa (Mendukung SDGs poin 6 dan 13)

Authors

  • Nur Laili Hidayati Universitas Negeri Surabaya
  • Fida Rachmadiarti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n3.p717-724

Keywords:

Literasi sains, PBL, E-LKPD, Pencemaran Lingkungan

Abstract

Literasi sains merupakan salah satu tuntutan keterampilan abad-21 yang harus dikuasai siswa. Literasi sains dapat dilatihkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Dalam proses pembelajaran dibutuhkan bahan ajar yang sesuai dengan perkembangan abad 21. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan E-LKPD berbasis PBL pada sub materi pencemaran lingkungan untuk melatih literasi sains siswa yang valid dan praktis. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Kevalidan E-LKPD ditinjau dari penilaian dosen ahli dalam bidang materi dan media serta guru biologi. Kepraktisan E-LKPD ditinjau dari hasil pengamatan oleh observer serta angket respon siswa. E-LKPD ini diujicobakan pada 25 siswa kelas X 3 SMA Negeri 1 Manyar. Data yang diperoleh dari validitas dianalisis menggunakan skala likert, sedangkan kepraktisan dianalisis menggunakan skala guttman. Hasil uji validasi E-LKPD yang dikembangkan adalah pada E-LKPD 1 sebesar 3,8 (sangat valid), E-LKPD 2 sebesar 3,9 (sangat valid) dan E-LKPD 3 sebesar 3,9 (sangat valid). Hasil uji kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan E-LKPD 1 sebesar 95,5% (sangat valid), dan E-LKPD 2 sebesar 96,5% (sangat valid). Sedangkan pada respon siswa E-LKPD 1 sebesar 98,4% (sangat praktis), E-LKPD 2 sebesar 98,4% (sangat praktis) dan E-LKPD 3 sebesar 98,8% (sangat praktis). Keberhasilan penelitian ini dapat mendukung SDGs poin 6 dan 13. Berdasarkan pemaparan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa E-LKPD yang dihasilkan layak untuk digunakan untuk melatih keterampilan literasi sains siswa kelas X.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alatas., Fathiah., & Laili, F. 2020. Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains pada Konsep Pemanasan Global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4 (2), 102-113.

Asmaranti, W., Pratama, G. S., Wisniarti, W. 2018. Desain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Dewantari, N., & Singgih, S. 2022. Penerapan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Indonesian Jurnal Biotek, 9(2), 244-243.

Fatimah, W., Abustang, P. B., & Supardi, R. 2022. Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil belajar. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 28-35.

Glaze, A. L. 2018. Teaching and Learning Science in the 21st Century: Chelllenging Critical Assumptions in Post-Secondary Science. Education Science, 8 (12), 1-8.

Handayani, E. S.,& Subakti, H. 2021. Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151-164.

Hardiyanti, P. C. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Materi Hidrolisis dan Penyangga untuk Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis dan Interpersonal Siswa. Pascasarjana: UNNES.

Itaunada., & Rachmadiarti, F. 2023. Pengembangan E-LKPD Berbasis SETS (Science, Envirinment, Technology, and Society) pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Siswa. BioEdu, 12(3), 813-823.

Junita, I. W., & Yuliani. 2022. Pengambangan E-LKPPD Berbasis Etnosains untuk Melatih Keterampilan Literasi Sains pada Materi Transpor Membran. BioEdu, 11(2), 356-367.

Kemendikbud. 2017. Direktorat Pembinaan SMA. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lestari, M. P., & Winarsih. 2019. Validitas Modul Berbasis Problem Based Learning pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA. Bioedu, 8(3), 13-19.

Lestari, P. D., & Ibrahim, M. 2021. Keefektifan LKPD pada Submateri Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Kelas X SMA/MA. BioEdu, 10 (1),165-170.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. 2021. Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Meilasari, S., M. Damris., & Yelianti, U. 2020. Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3(2), 195-207.

Muwaffaqohh, D., Kirana, T., & Rachmadiarti, F. 2021. The Development of E-Book Based on Project Based Learning on the Plant Anatomy Structure Material. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 2(4), 416,431.

Nugraha, T. S. 2022. Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 250-261.

Nurbaya, S. Status Lingkungan Hidup Indonesia. 2022. Jakarta: Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Nuwangi, P. P., Nahadi, N., Anwar, S., & Budiantara, M. 2017. Buku Ajar Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media.

OECD. 2016. PISA 2015: Result in Fokus. https://www.oecd.org/?pisa?pisa-2015-results-in-focus.pdf.

Pribadi, Y.T., Dunung, A, S., & Yetti, A. 2021. Pengembangan E-LKPD Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning pada Kelas IV Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 264-279.

Ridwan, A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Rochim, M. Y. A., Rachmadiarti, F., & Rahayu, D. A. 2022. The Development of E-Worksheet Based on SETS (Science, Environment, Technology, Society) for Waste Processing Sub-Topic to Improve Student’s Scientific Literacy Skills. BioEdu, 11(2), 432-445.

Rosikh, F., Zumrotus, S., Dyah, P. L., Ach, N. A. 2022. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Bahasa Arab. Kilmatuna: Journal of Arabic Education, 2(2), 293-302.

Ruku, E. C., & Purnomo, T. 2020. Validitas Lembar Kegiatan Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis. BioEdu, 9(1), 1-7.

Sutrisna, N. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683-2694.

Yulas, B. T., & Rachmadiarti, F. 2023. Pengembangan Media Vlog Berbasis Problem Based Learning untuk Melatih Berpikir Kritis Siswa Kelas X pada Materi Perubahan Lingkungan. BioEdu, 12(3), 644-653.

Downloads

Published

2024-10-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 587 , PDF Downloads: 363

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

<< < 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.