Efektivitas Quizizz sebagai Aplikasi Assessment as Learning untuk Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Animalia

Authors

  • Anisah Nurfuady Universitas Negeri Surabaya
  • Muji Sri Prastiwi Univeritas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p286-291

Keywords:

Quizizz,, Assessment as learning,, Animalia,, Hasil belajar,

Abstract

Assessment as learning merupakan assessment yang dilakukan guru dan melibatkan peserta didik secara langsung mengembangkan keterampilan metakognitif. Quizizz merupakan media pembelajaran digital yang mampu meningkatkan motivasi belajar dan menarik motivasi belajar peserta didik yang dapat disusun berdasarkan karakteristik peserta didik. Penelitian ini perlu dilakukan guna mengetahui tingkat efektivitas Quizizz sebagai aplikasi assessment as learning untuk peningkatan capaian belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment design dengan desain penelitian one group pre-test post-test. Sasaran penelitian dilakukan pada 30 peserta didik yang ditentukan secara random. Instrumen yang digunakan adalah instrumen lembar validasi, instrumen test (pre-test dan post-test), lembar observasi dan lembar angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Quizizz yang dirancang memiliki nilai validitas sangat valid dengan nilai kevalidan sebesar 95,27 sehingga penggunaan Quizizz dapat berpengaruh terhadap pencapaian belajar peserta didik. Pengaruh pemakaian aplikasi Quizizz terhadap pencapaian belajar peserta didik sebesar 59,3%, setiap penambahan 1% penggunaan Quizizz maka hasil belajar meningkat sebesar 1,135  dan pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan Quizizz berjalan secara efektif sesuai dengan rancangan pembelajaran dan mendapatkan tanggapan baik dari peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriani, N., & Sabekti, A. W. (2018). Tingkat Kelayakan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android. Jurnal Zarah, 6(2), 76–80. https://doi.org/10.31629/zarah.v6i2.705

Agushesa, H. Y., & Prastiwi, M. S. (2024). Pengaruh Penggunaan Virtual Laboratory Terhadap kemampuan Literasi Saintifik Siswa pada Materi Evolusi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu). 13(2), 458–464.

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Anggraini, I. (2019). Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Berpengaruh: Sebuah Kajian pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Jurnal Mahasiswa, 1(2), 100–109.

Dann, R. (2017). Assessment as learning: Blurring the boundaries of assessment and learning for theory, policy and practice. Assessment in Education: Principles, Policy and Practice, 21(2), 149–166.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.

Irani, N. V., Zulyusri, Z., & Darussyamsu, R. (2020). Miskonsepsi Materi Biologi Sma Dan Hubungannya Dengan Pemahaman Siswa. Jurnal Biolokus, 3(2), 348.

Jayanti, D. N. D., & Susantini, E. (2021). Profil Miskonsepsi Peserta Didik SMA pada Materi Kingdom Animalia Menggunakan Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 479–489.

Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12.

Kemendikbudristek. (2022). Rapor Pendidikan Publik 2022. Kemendikbudristek.

Lestari, T. W. (2019). Kahoot! and Quizizz: A Comparative Study On the Implementation of E-learning Application Toward Student’s Motivation. LinguA-LiterA : Journal of English Language Teaching Learning and Literature, 2(2), 13–22.

Mardhiah, A., dan Akbar, S. A. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49.

Muhardini, S., Aqodiah, & Wahab, A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Di Luar Jam Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Anak Di Sdn 07 Mataram. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 4(2), 2355–6358.

Nurmanita, M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Pancasila Berbasis Google Sites Berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 137.

Pratama, M. Y., Puspitawati, R. P., & Yakub, P. (2022). Pengembangan E-Poster Berbasis Infografis pada Materi Jaringan pada Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Analisis Siswa Kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 755–764.

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29.

Rosana, D., Widodo, E., Setianingsih, W., & Setyawarno, D. (2020). Pelatihan Implementasi Assessment Of Learning, Assessment For Learning Dan Assessment As Learning Pada Pembelajaran IPA SMP di MGMP Kabupaten Magelang. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(1).

Seftiani, I. (2019). Alat Evaluasi Pembelajaran Interaktif Kahoot pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 1(1), 284–291.

Setiawan, A., Wigati, S., dan Sulistyaningsih, D. (2019). Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X Ipa 7 Sma Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Edusainstek, 167–173.

Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 81–88. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88

Suwartono. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Negeri Di Kecamatan Purwokerto Selatan. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13–22.

Syahdela, A. A., & Zuhriah, F. (2022). Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro Tema : Tantangan dan Terobosan Pembelajaran Inovatif di Era Digital Profil Literasi Matematis dan Profil Hasil Belajar Matematika menggunakan Media Pembelajaran Quizizz pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Edutama, 2022, 141–150.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.

Wahyudi., Rufiana, I.S., Nurhidayah, D. A. (2020). Quizizz: Alternatif Penilaian di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2), 95–108.

Zuhriyah, S. dan Pratolo, B. W. (2020). Exploring Students’ Views in the Use of Quizizz as an Assessment Tool in English as a Foreign Language (EFL) Class. Universal Journal of Educational Research, 8(11), 5312–5317.

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 177 , PDF Downloads: 63

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.