Pengembangan E-Book Interaktif Model Collaborative Learning Materi Ekosistem untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa

Authors

  • Aida Fitri Hidayatus Sholihah Universitas Negeri Surabaya
  • Sunu Kuntjoro Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n1.p016-023

Keywords:

E-Book, Collaborative Learning, Literasi sains, Ekosistem

Abstract

Tuntutan abad ke-21 mengharuskan peserta didik mempunyai kemampuan berkolaborasi dan kemampuan literasi sains. Berkolaborasi dapat diterapkan dalam dunia Pendidikan melalui model pembelajaran collaborative learning. Literasi sains adalah hal yang esensial bagi peserta didik untuk membuat keputusan dan memberikan solusi terhadap suatu fenomena sains. Penggunaan e-book interaktif sebagai media pembelajaran dapat mendukung kemampuan sains peserta didik. Ttujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-book interaktif model collaborative learning pada materi ekosistem untuk melatih kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Perancangan e-book interaktif dilaksanakan di Prodi Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Surabaya dan uji coba secara terbatas dilakukan pada 36 peserta didik di SMA Negeri 1 Kebomas. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil validitas yang ditinjau dari tiga validator menunjukkan presentase sebesar 99,30% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan e-book interaktif ditinjau dari uji keterbacaan e-book berada di level 10 dan respon peserta didik yang menunjukkan presentase sebesar 99,37% dengan kategori sangat positif. Keefektifan e-book interaktif ditinjau berdasarkan hasil ketuntasan indikator literasi sains yang memperoleh presentase sebesar 94,67% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, maka disimpulkan bahwa e-book interaktif model collaborative learning pada materi ekosistem valid, praktis, dan efektif dalam melatih kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. 2014. The Effectiveness of E-Book in Secondary Stage Students Use of syntactic Structures and Meta Cognitive Skills. International Journal of Inovation and Scientific Research

Andaresta, Nadia dan Rachmadiarti, Fida. 2021. Pengembangan E-book Berbasis STEM pada Materi Ekosistem untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. E-journal Unesa. Vol.10, No.2, Hal. 635-646

Anggraini, G. 2014. Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Kelas X di Kota Solo. Prosiding Mathematics and Science Forum 2014 Jurusan Biologi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. ISBN 978-602-0960-00-5

Eskawati, S. Y. dan I. G. Sanjaya. 2012. Pengembangan E-book Interaktif pada Materi Sifat Koligatif Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas XII IPA. Unesa Journal of Chemical Education, 1 (2): 46-53.

Holbrook, J., dan Rannikmae, M, 2007. The Nature of Science Education for Enhancing Scientific Literacy. International Journal of Science Education, 29 (11), 1347 – 1362.

Kurniawan, Rizki dan Winarsih. 2022. Pengembangan E-book Berbasis Inkuiri pada Materi Ekosistem untuk Melatih Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik Kelas X SMA. E- journal Unesa Vol.11, No.1, Hal. 250-262

Rafidah, Humaimah Nakhlah dan Rachmadiarti, Fida. 2022. Pengembangan E-book Berbasis Collaborative Learning pada Submateri Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Kelas X SMA. E-journal Unesa Vol.11, No.2, Hal.418-433.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variable-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. Shiyamsyah, Firdatus S.F. dan Yuliani. 2022. Pengembangan E-book Interaktif pada Respirasi Seluler untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Siswa SMA Kelas XII. E-journal Unesa Vol.11, No.2, Hal. 452-501.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tosun, N. 2014. A Study on Reading Printed Books or E-Books: Reasons for Student Teacher Preferences. The Turkish Online Journal of Education Technology, 13(1):21-28.

Tayyibah, Durriyatut dan Rachmadiarti, Fida. 2022. Pengembangan E-book Berbasis Collaborative Learning pada Materi Ekosistem untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Kelas X SMA. E-journal Unesa. Vol.11, No.1, Hal. 77-88

Turiman, P. 2012. Fostering the 21st Century Skills Through Scientific Literacy and Science Process Skill. Procedia-Social and Behavioral Science, 59, 110-116.

Wahyuni, M, A. dan Mustadi. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Collaborative Learning Berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter kreatif dan bersahabat. Jurnal Pendidikan Karakter.

Downloads

Published

2025-01-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 367 , PDF Downloads: 232

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.