Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning (Pbl) untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Virus Kelas X SMA

Authors

  • Dhea Putri Anggraini Universitas Negeri Surabaya
  • Guntur Trimulyono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p316-325

Keywords:

Berpikir kritis, E-modul, virus, Problem Based Learning

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan untuk melakukan analisis mendalam, mengevaluasi informasi secara cermat dan mengambil keputusan yang logis dan rasional. Materi virus merupakan salah satu materi yang selaras untuk melatihkan berpikir kritis, karena dalam proses pembelajaran diperlukan keterlibatan peserta didik secara aktif dan kolaboratif untuk memahami konsep materi. Tujuan penelitian ini menghasilkan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi virus kelas X SMA yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Pengembangan e-modul diselaraskan dengan sintaks PBL dan diperkaya dengan fitur-fitur khusus yang dirancang untuk melatih keterampilan berpikir kritis, diantaranya Bio-Orientation, Bio-Watch, Bio-Concept, Bio-Activity, Bio-Present, Let’s Practice dan Bio-Eval. Parameter penilitian ini yaitu validasi e-modul dinilai oleh dua dosen ahli dan satu guru biologi, kepraktisan e-modul diukur berdasarkan keterlaksanaan proses pembelajaran dan respon peserta didik, serta keefektifan e-modul dinilai berdasarkan pencapaian hasil belajar yang diperoleh melalui nilai pre-test dan post-test sesuai dengan indikator berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis PBL dinyatakan sangat valid dengan skor 95%. Dari segi kepraktisan, e-modul dinilai sangat praktis berdasarkan dari keterlaksanaan pembelajaran memperoleh skor 98% dan respon peserta didik yang sangat positif mencapai 98%. E-modul terbukti efektif melatih berpikir kritis ditunjukkan melalui skor N-Gain sebesar 0,7 yang tergolong dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis PBL memiliki tingkat validitas, kepraktisan dan efektivitas yang tinggi, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi virus.

Kata Kunci: E-modul, Problem Based Learning, Virus, Berpikir Kritis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afkarina, Nahdiyah. 2023. Lembar Kerja Peserta Didik

Berbasis Problem Based Learning Materi Perubahan

Lingkungan untuk Melatih Kemampuan Berpikir

Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. Bioedu. Vol.

12(3): hal. 630-643.

Agnafia, D. N. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir

Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea.

Vol. 6(1): hal. 45-53.

Almunawarah, R., & Bahri, A. 2023. Analisis

Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA

Negeri 8 Makassar. Jurnal Literasi. Vol. 07 (1): hal.

20–29.

Astuti, H. R., Prayitno, B. A., dan Suwarno. 2016.

Penerapan Problem Based Learning pada Materi

Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X

MIA 3 SMA Negeri 3 Surakarta. Bio-Pedagogi. Vol.

5(1): hal. 38-42.

Erwanto. 2020. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

pada Konsep Keanekaragaman Hayati melalui

Problem Based Learning. Jurnal Kependidikan. Vol.

6 (3): hal. 578-587.

Facione, P. A. 2015. Critical thinking: What it is and why

it Counts. San Jose: The California Academic Press.

Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. 2021. Pengembangan

E-LKPD Berbasis Android dengan Model

Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk

Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik.

Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3 (5): hal.

1957-1970.

Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores.

Indiana: Indiana University.

Harahap, P. D., Restuati, M. & Hardiansyah. 2017.

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL)

terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Materi

Pokok Bahasan Virus di Kelas X MAN Rantau

Prapat. Jurnal Pelita Pendidikan. Vol. 5 (01): hal.

47-51.

Herdiyanto, D. M., Sulton, & Praherdhiono, H. 2020.

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif

pada Materi Tema Tanah bagi Siswa Tunagrahita.

JKTP. Vol 3 (1): hal. 88-96.

Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. 2018.

Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap

Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan:

Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol. 3(1): hal.

42-46.

Kemendikbud. 2019. Pendidikan Karakter Dorong

Tumbuhnya Kompetensi Siswa Abad 21, (online).

(https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/pentingnya-4

c-untuk-menghadapi-abad-21, diakses 15 Mei 2024).

Khoirunnisa, L, Sitompul, S. S., & Mursyid, S. 2020.

Remediasi Miskonsepsi Menggunakan Model

Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mind

Mapping Tentang Usaha di SMA. Jumal Pendidikan

Dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol. 9(9): hal. 1-9.

Kimianti, F. 2019. Pengembangan E-Modul IPA Berbasis

Problem Based Learning untuk Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains. Tesis.

Yogyakarta: Pendidikan Sains. Program Pascasarjana.

Universitas Negeri Yogyakarta.

Kismawati, R., Ernawati. T., & Winingsih, P. H. 2022.

Pengembangan E-Komik Berbasis Heyzine Flipbook

pada Materi Sistem Pencernaan bagi Peserta Didik

Kelas VIII SMP. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah

Kependidikan. Vol. 6 (3): hal. 359-370.

Mahmudah, S., Kirana, T., & Rahayu, Y. S. 2022. Profile

of

Students’

Implementation

Critical

of

Thinking

E-Modul

Ability:

Based

on

Problem-Based Learning. IJORER : International

Journal of Recent Educational Research. Vol. 3 (4):

hal. 478–488.

Malina, I., Yuliani, H., & Syar, N. I. 2021. Analisis

Kebutuhan E-Modul Fisika sebagai Bahan Ajar

Berbasis PBL di MA Muslimat NU. Silampari Jurnal

Pendidikan Ilmu Fisika. Vol. 3 (1): hal. 70-80.

Mulyasari, P. J. 2021. Pengembangan E-Modul Berbasis

STEM untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar

dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran

Ekonomi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3

(4): hal. 2220-2236.

Nurjanah, N., & Trimulyono, G. 2022. Pengembangan

E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk

Melatihkan Keterampilan Berpikir pada Materi

Hereditas Manusia. Bioedu. Vol. 11(3): hal. 765-774.

Pana, I. A. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Melalui Penerapan Problem Based Learning pada

Mata Pelajaran Biologi (Studi Kasus SMA Negeri 5

Model Palu). Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah. Vol. 4

(1): hal. 147-173.

Purwanto, E. A., & Sulistyastuti, D. R. (2017). Metode

Penelitian Kuantitatif: Untuk Administrasi Publik

Dan Masalah-Masalah Sosial. Gava Media.

Riduwan. 2016. Skala Pengukuran Variabel-Variabel

Penelitian. Bandung: Alfabeta

Riduwan & Sunarto. 2013. Pengantar Statistika untuk

Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi

dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, R., Wardhani, S., & Nawawi, S. 2020.

Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Materi Keanekaragaman Hayati. Biology Education Science

& Technology. Vol 3 (1): hal. 45-53.

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 194 , PDF Downloads: 74

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.