KEBERMAKNAAN HIDUP MAHASISWA DIFABEL UNESA YANG MENJADI RELAWAN DI PUSAT STUDI LAYANAN DISABILITAS (PSLD) UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • CLARA CHYNTIA NARASWARI
  • MUHAMMAD SYAFIQ

Abstract

Setiap manusia menginginkan dirinya menjadi orang yang berguna dan berharga, tidak hanya bagi dirinya sendiri tetapi juga bagi keluarga, lingkungan, dan masyarakat. Begitu pula dengan mahasiswa difabel yang menjadi relawan di PSLD Universitas Negeri Surabaya. Keterbatasan para relawan difabel miliki nyatanya tidak menghambat keinginan mereka untuk turut serta membantu sesama difabel.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran makna hidup mahasiswa difabel yang menjadi relawan.Penelitian ini menggunakan metode studi kasus.Partisipan berjumlah dua orang relawan difabel PSLD Universitas Negeri Surabaya dan empat significant other.Penelitian ini melalui wawancara semi terstruktur dan observasi pasif.Penelitian ini menggunakan thematic Analysis (TA).Partisipan dari penelitian ini yaitu mahasiswa difabel tuna daksa dan mahasiswa difabel lowvision yang mengalami kecacatan sejak lahir.Hasil penelitian menunjukan bahwa partisipan partisipan dapat memahami kecacatan yang mereka alami, hingga akhirnya mereka mampu menerima diri mereka dengan wujud mengaktualisasikan kelebihan dan kekurangan serta mampu menceritakan pengalaman selama menjadi relawan.

Kata kunci :kebermaknaan hidup, relawan, difabel.

Every human being wants himself to be a useful and valuable person, not only for himself but also for the family, the environment, and society. Similarly, students with disabilities who become volunteers in the center for disability service state university of Surabaya. In fact the limitations indisabled volunteers are not hampered their desire to participate in helping other with disabilities. This qualitative psychological research to find out how to describe the meaning of life of disabled students who become volunteers. This research uses case study method. Participants are two volunteers of the center for disability service state university of Surabaya and four other significant. The data collected through semi structured interviews and passive observation. This research uses Thematic Analysis (TA). Participants from this study are students with physical disabilities innate and student with low vision disabilities. The results show that participants can understand the disabilities they which experience, until they are able to accept themselves with a form of actualizing the advantages and disadvantages and able to tell the experience as a volunteer.

Keywords: meaningful life, volunteer, volunteers with disabilities.

Published
2018-07-30
How to Cite
CHYNTIA NARASWARI, C., & SYAFIQ, M. (2018). KEBERMAKNAAN HIDUP MAHASISWA DIFABEL UNESA YANG MENJADI RELAWAN DI PUSAT STUDI LAYANAN DISABILITAS (PSLD) UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/24945
Abstract Views: 123
PDF Downloads: 98