IDENTITAS DIRI REMAJA YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM

  • RESI DESTRITANTI
  • MUHAMMAD SYAFIQ

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengungkapkan bagaimana pembentukan identitas diri remaja yang berhadapan dengan hukum. Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana dampak yang dialami sebagai remaja yang berhadapan dengan hukum dan bagaimana mereka membentuk identitas diri yang positif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dengan jumlah 6 orang partisipan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa menjadi remaja yang berhadapan dengan hukum berdampak pada diri dan identitas mereka. Dampak tersebut berbentuk stigma dan label dari masyarakat, serta dijauhi oleh teman hingga membuat remaja merasakan suatu ancaman pada identitas mereka. Namun, mereka memilih untuk tidak terlalu menghiraukan dan berusaha untuk mematahkan pandangan negatif yang ada. Dampak yang mereka rasakan, membuat mereka berusaha membentuk identitas diri positif yang ditunjukkan dengan menjauhi kelompok pertemanan yang berpengaruh negatif, bersosialisasi kembali dengan masyarakat, meningkatkan ibadah dengan sering sholat berjamaah di masjid, serta selektif dalam memilih pergaulan.

Kata kunci : identitas diri, remaja yang berhadapan dengan hukum, stigma

Abstract

This study reveals how the identity formation of adolescents who are dealing with the law. The research aims to reveal how the impact experienced as adolescents who are dealing with the law and how they form a positive identity. This research used qualitative method and phenomenological approach with 6 participants.

The results of the research show that being adolescents dealing with the law has an impact on themselves and their identity. The impact are in the form of stigma and labelling from the environmental, and shunned by friends so they felt a threat to their identity. However, they choose not to overthink and try to break the negative views that exist. The impact makes them try to form a positive self identity that is shown by avoiding friendship groups that have negative influences, resocializing with the environment, increasing worship by praying in the mosque frequently, and being selective in choosing relationships.

Keywords : self-identity, adolescents dealing with the law, stigma

Published
2019-03-27
How to Cite
DESTRITANTI, R., & SYAFIQ, M. (2019). IDENTITAS DIRI REMAJA YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/27170
Section
Articles
Abstract Views: 220
PDF Downloads: 463