DINAMIKA PSIKOLOGIS PEMUDA YANG BERPINDAH AGAMA: SEBUAH STUDI KASUS DESKRIPTIF

  • Dimas Angga Wahid Universitas Negeri Surabaya
  • Nurchayati Nurchayati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian psikologis ini, yang bermetode kualitatif dan berpendekatan studi kasus, adalah menggali dan memahami dinamika psikologis orang yang berpindah agama. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan dianalisis dengan teknik analisis tematik. Partisipan studi ini adalah dua pemuda yang berganti agama sebagai sebuah keputusan spiritual yang tidak dimotivasi oleh pernikahan. Ditemukan bahwa keputusan partisipan untuk berpindah agama adalah produk dari konflik spiritual dalam diri mereka. Keputusan ini dikuatkan oleh dukungan sosial dari keluarga. Perpindahan agama membuahkan kebahagiaan dalam diri kedua subjek: mereka kemudian merasa telah meraih kebenaran sejati dan merasakan indahnya kehidupan. Perpindahan agama juga mendorong mereka untuk berbuat lebih baik pada sesama. Di samping itu, mereka mengalami juga perubahan relasi dengan teman sebaya dan tetangga.

Kata Kunci: dinamika psikologis, pengalaman religius, pindah agama, orang yang pindah agama

                                                                                                                                 

Abstract

Using the qualitative, case-study approach, this research aims to describe and understand the psychological dynamics at work in the experience of religious conversion. Data was collected through semi-structured interviews and then interpreted with the thematic analysis technique. Serving as research participants were two young men who had changed their religion for spiritual reasons and not for marriage purposes. It was discovered that the decision to convert resulted from a spiritual crisis. Supported by family members, the act of conversion brought about happiness in the lives of the two subjects: they felt they had found truth, thereby experiencing the beauty of life. In addition to motivating them to do good to others, the religious conversion had also transformed their relationships with friends and neighbors.

Keywords: psychological dynamics, religious experience, conversion, converts

 

Published
2021-07-05
How to Cite
Wahid, D., & Nurchayati, N. (2021). DINAMIKA PSIKOLOGIS PEMUDA YANG BERPINDAH AGAMA: SEBUAH STUDI KASUS DESKRIPTIF. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(4), 192-203. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41174
Abstract Views: 281
PDF Downloads: 720