GAMBARAN STRATEGI COPING PADA PEREMPUAN YANG KEHILANGAN ORANG TUA DI MASA PANDEMI COVID 19

  • Nyimas Amnatul Aliyah Universitas Negeri Surabaya
  • Ira Darmawanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak                                                       

Strategi coping merupakan cara yang dilakukan seseorang untuk mengendalikan keadaan atau masalah yang meghambat dan juga merugikan dirinya. Perempuan yang memiliki pengalaman kehilangan orang tua perlu melakukan strategi coping untuk mengatasi kesedihan dan rasa dukanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran  strategi coping pada perempuan yang kehilangan orang tua di masa pandemi covid 19,  mengguankan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun kriteria pada subjek yaitu berjenis kelamin perempuan yang berusia 19-25 tahun dan juga mengalami kehilangan orang tua di masa pandemi covid 19. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan teknik wawancara semi terstruktur dan juga menggunakan teknik analisis tematik. Uji keabsahan dapat pada penelitian ini menggunakan member checking dan juga significant other. Dalam penelitian ini, menemukan empat tema yaitu latar belakang peristiwa kehilangan orang tua, dampak dari kehilangan orang tua, strategi coping berpusat pada masalah dan strategi coping berpusat pada emosi. Dari hasil penelitian ini ketiga subjek  melakukan strategi coping berpusat pada emosi dan strategi coping berpusat pada masalah secara bersamaan dan tepat. Meskipun masih terdapat kesedihan dan gangguan psikologis seperti gangguan tidur akibat adanya overthinking dan kekhawatiran yang dialaminya. 

Kata kunci : strategi coping berpusat pada maslaah, strategi coping berpusat pada emosi.

 

                                                                                Abstract

Coping strategies are ways that a person does to control a situation or problem that hinders and also harms him. Women who have experienced the loss of a parent need to implement coping strategies to overcome their sadness and grief. This study aims to describe coping strategies for women who have lost their parents during the covid-19 pandemic, using a qualitative method with a case study approach. The criteria for the subject are female, aged 19-25 years and also experienced the loss of a parent during the covid 19 pandemic. The data collection technique used was semi-structured interview technique and also used thematic analysis techniques. The validity test can be done in this study using member checking and also the significant other. In this study, found four themes, namely the background of the event of losing a parent, the impact of losing a parent, problem-centered coping strategies and emotion-centered coping strategies. From the results of this study, the three subjects performed an emotion-centered coping strategy and a problem-centered coping strategy simultaneously and appropriately. Although there are still sadness and psychological disorders such as sleep disturbances due to the overthinking and worries they experience.

Keywords: problem-centered coping strategy, emotion-centered coping strategy

Published
2022-01-18
How to Cite
Aliyah, N., & Darmawanti, I. (2022). GAMBARAN STRATEGI COPING PADA PEREMPUAN YANG KEHILANGAN ORANG TUA DI MASA PANDEMI COVID 19. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 85-99. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/44823
Abstract Views: 708
PDF Downloads: 2292