Perilaku Konsumtif Ditinjau dari Celebrity Worship Syndrome pada Komunitas NCTZEN Dewasa Awal

  • Thellyda Aureliya Sasanti Andadini Universitas Negeri Surabaya
  • Ira Darmawanti

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi gambaran perilaku konsumtif penggemar boy group NCT yang memasuki usia dewasa awal. Riset psikologi kualitatif ini berpendekatan studi kasus dan berfokus pada dua penggemar perempuan yang melakukan pemujaan terhadap boy group NCT berusia 22 dan 21 tahun. Setelah melakukan wawancara semi-terstruktur, data riset diolah menggunakan dengan teknik Thematic Analysis. Hasil penelitian ditemukan bahwa para penggemar boy group NCT berjenis kelamin perempuan melakukan pembelian secara konsumtif didasari oleh adanya dorongan emosional serta kontrol diri yang rendah. Tidak terpenuhinya tugas perkembangan pada masa usia dewasa awal juga menjadi permasalahan para penggemar boy group NCT memilih melakukan kegiatan pemujaan dan menunjukkan sikap obsesif terhadap idola yang digemari. Daya tarik yang dimiliki boy group NCT mampu memikat minat penggemar dalam setiap proses pembelian barang tersebut. Perilaku obsesif terhadap idola dapat mempengaruhi pembentukan identitas individu yang memasuki usia dewasa awal. Identitas mereka akan terikat dengan idola yang dipuja serta cenderung mengadopsi nilai-nilai, citra diri, atau gaya hidup idola tersebut sebagai bagian dari identitas mereka sendiri.

Published
2023-06-26
How to Cite
Andadini, T. A., & Darmawanti, I. (2023). Perilaku Konsumtif Ditinjau dari Celebrity Worship Syndrome pada Komunitas NCTZEN Dewasa Awal. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 10(2), 268-286. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/53249
Abstract Views: 241
PDF Downloads: 487