GAYA KELEKATAN ROMANTIS PADA LAKI-LAKI DEWASA AWAL PENYINTAS KEKERASAN DI MASA ANAK-ANAK

  • Ely Indah Puspitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Syafiq Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pengalaman traumatis berupa kekerasan yang dilakukan orang tua tidak hanya menyisakan luka fisik bagi individu yang pernah mengalaminya, namun juga menyisahkan luka secara psikologis yang dapat mempengaruhi masa perkembangan individu tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 2 laki-laki berusia 22 tahun yang pernah mengalami kekerasan pada masa anak- anak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan menggunakan Analisis Tematik. Uji Keabsahan data yang digunakan adalah dengan member checking. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ternyata selain mengalami kekerasan kedua partisipan juga pernah mengalami perceraian sehingga terpisah dari ibu kandung, lalu tinggal bersama ayah dan mengalami kekerasan fisik, hal ini menyebabkan dampak fisik berupa luka dan dampak psikis pada partisipan pertama menyebabkan kesulitan mengkomunikasikan pendapatnya pada orang tua sedangkan pada partisipan kedua membuatnya membenci pelaku kekerasan tersebut. Keduanya menunjukkan hasil yang berbeda dalam gaya kelekatan romantis hal ini dikarenakan pengaruh dari lingkungan sebaya.

Kata Kunci: gaya kelekatan romantis, laki-laki, kekerasan masa anak-anak

 

 

Abstract

Traumatic event such as abusive experience done by parents is not only leaving physical pain for the victim, but also leaving psychological effect that can affect in individual’s development. This study used qualitative method with study approach towards a case. Participants in this study consisted of two male of 22 years old who experienced childhood abuse are found as participants. Methods data collection using semi-structured interview. Data analysis using Thematic Analysis and validity test by member checking. The result shows that they were not only experienced abuse but separation from their biological mother due to divorce, experienced physical abuse by the hand of their father whom they were living together with at the time, this caused physical scarring and psychological damage. For the first participant the damage shows by his struggle in communicating his opinions with his parents, as for the second participant feels hatred towards the abuser. Both show different results in the mean of romantic relationship affected by their surroundings.

Keywords: Adult romantic attachment, Male, Childhood abuse

 

Published
2022-04-13
How to Cite
Puspitasari, E., & Syafiq, M. (2022). GAYA KELEKATAN ROMANTIS PADA LAKI-LAKI DEWASA AWAL PENYINTAS KEKERASAN DI MASA ANAK-ANAK. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/46395
Abstract Views: 235
PDF Downloads: 413