Hubungan antara Work Life Balance dengan Work Engagement pada Guru di Yayasan X
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i1.53612Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara work life balance dengan work engagement pada guru di yayasan X. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis korelasional. Penelitian ini dilakukan pada salah satu institusi pendidikan yaitu yayasan X. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian yaitu purposive sampling, dengan karakteristik guru pendidik tetap yayasan dan memiliki masa kerja minimal 2 tahun. Subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu guru di yayasan X berjumlah 57 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu skala work life balance dan work engagement. Analisis data yang digunakan yaitu korelasi pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) yang artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara work life balance dengan work engagement. Nilai koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0,733 (r=0,733), yang menunjukkan adanya hubungan yang tergolong kuat dan positif antara work life balance dengan work engagement. Adanya hubungan positif tersebut menunjukkan semakin tinggi work life balance, maka semakin tinggi juga work engagement pada guru di yayasan X
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

