Hubungan antara Komitmen Organisasi dengan Perilaku Inovatif pada Guru di Lembaga Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i1.53613Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komitmen organisasi dengan perilaku inovatif pada guru di institusi pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan kriteria merupakan tenaga didik, guru tetap yayasan dan minimal masa kerja 2 tahun. Subjek dalam penelitian sebanyak 51 guru. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala psikologis komitmen organisasi dan perilaku inovatif yang merupakan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi pearson product moment untuk mengetahui hubungan antara variabel dan dilakukan dengan bantuan SPSS 25.0 for windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara komitmen organisasi dengan perilaku inovatif pada guru di lembaga pendidikan. Nilai signifikansi yang dihasilkan yaitu 0,000 (p<0,05) dan nilai korelasi pearson yaitu 0,611 yang menunjukkan bahwa hubungan antara komitmen organisasi dengan perilaku inovatif pada guru termasuk dalam kategori kuat dan positif. Semakin tinggi komitmen organisasi maka akan semakin tinggi perilaku inovatif yang dihasilkan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

