Hubungan antara Quality of Work Life dengan Organizational Citizenship Behavior pada Guru Tetap Yayasan
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i1.53636Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara quality of work life dengan organizational citizenship behavior pada guru tetap yayasan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling jenuh. Subjek pada penelitian ini yaitu guru tetap yang berjumlah 50 orang. Penelitian ini dilakukan pada institusi pendidikan di bawah naungan yayasan X. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa skala psikologis variabel quality of work life dan skala variabel organizational citizenship behavior. Teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi pearson product moment. Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05), dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara quality of work life dengan organizational citizenship behavior. Nilai koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0,758 (r=0,758). Artinya terdapat hubungan positif atau searah dan antar variabel memiliki korelasi yang kuat. Hal ini menunjukkan semakin tinggi quality of work life maka semakin tinggi pula organizational citizenship behavior pada guru.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

