Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Perilaku Inovatif Pada Guru Di Yayasan "X"

  • Reza Dwi Ramadhan Universitas Negeri Surabaya
  • Umi Anugerah Izzati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara efikasi diri dengan perilaku inovatif pada guru di yayasan “X”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis korelasional. Sampel yang digunakan adalah seluruh guru Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di yayasan “X” sebanyak 47 guru. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan berupa skala ukur efikasi diri dan skala ukur perilaku inovatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pearson product moment dengan menggunakan bantuan SPSS 25.0 for windows. Hasil analisis data penelitian menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan perilaku inovatif. Nilai koefisien korelasi yang didapatkan yaitu sebesar 0,920 (r=0,920). Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif atau searah dan sangat kuat antara variabel efikasi diri dengan variabel perilaku inovatif. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi efikasi diri yang dimiliki pada guru, maka semakin tinggi pula perilaku inovatif pada guru. Hal ini juga berlaku sebaliknya, jika semakin rendah efikasi diri pada guru maka semakin rendah juga perilaku inovatif pada individu.

Published
2023-07-04
How to Cite
Ramadhan, R., & Izzati, U. (2023). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Perilaku Inovatif Pada Guru Di Yayasan "X&quot;. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 10(2), 344-363. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/53795
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 232