PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN HARMONIS SEDERHANA KELAS X DI SMA NEGERI 1 RENGEL TUBAN

  • SETYO ADI PURWANTO
  • HAINUR RASID ACHMADI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, hasil belajar peserta didik serta respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan model guided discovery. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Rengel Tuban yang berjumlah lima kelas. Sampel penelitian ditentukan atas rekomendasi guru dan diperoleh kelas X MIA 1, X MIA 2 dan X MIA 3 yang berdistribusi normal dan homogen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery pada materi getaran harmonis sederhana terlaksana dengan sangat baik. Hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan di kelas X MIA 1, X MIA 2 serta X MIA 3 meningkat dengan kategori tinggi, sedangkan pada aspek keterampilan semua peserta didik tuntas. Pembelajaran guided discovery memperoleh respon yang sangat baik dari peserta didik.

Published
2018-07-02
Section
Articles
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 29