PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN HARMONIS SEDERHANA KELAS X DI SMA NEGERI 1 RENGEL TUBAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, hasil belajar peserta didik serta respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan model guided discovery. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Rengel Tuban yang berjumlah lima kelas. Sampel penelitian ditentukan atas rekomendasi guru dan diperoleh kelas X MIA 1, X MIA 2 dan X MIA 3 yang berdistribusi normal dan homogen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery pada materi getaran harmonis sederhana terlaksana dengan sangat baik. Hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan di kelas X MIA 1, X MIA 2 serta X MIA 3 meningkat dengan kategori tinggi, sedangkan pada aspek keterampilan semua peserta didik tuntas. Pembelajaran guided discovery memperoleh respon yang sangat baik dari peserta didik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

