Penerapan Penilaian Portofolio dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Fluida Statis SMA Senopati Sidoarjo

  • ANGGA ROYAN AMIR FATAH
  • WORO SETYARSIH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dan respons siswa terhadap penerapan penilaian portofolio dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi fluida statis. Desain penelitian yang digunakan adalah pre experimental design dengan jenis one group pretest-posttest yang menggunakan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada ketiga kelas dinyatakan terlaksana dengan sangat baik oleh pengamat. Berdasarkan analisis n-gain, dapat dinyatakan bahwa nilai pengetahuan siswa meningkat dengan kategori tinggi. Hasil tersebut tidak terlepas dari pengaruh positif dari penerapan penilaian portofolio yang secara bertahap mampu menumbuhkan sikap reflektif dan evaluaitif siswa, sehingga para siswa lebih termotivasi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Hasil penilaian portofolio diperoleh dari penilaian keterampilan melakukan percobaan, membuat laporan, mengkomunikasikan, dan tugas. Hasil penilaian portofolio pada seluruh aspek keterampilan menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh siswa semakin meningkat pada setiap pertemuan. Pembelajaran yang telah diberikan mendapatkan respons positif dari siswa dengan kategori sangat baik. Secara keseluruhan penerapan penilaian portofolio dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada materi fluida statis.

Kata Kunci : inkuiri terbimbing, fluida statis, penilaian portofolio

Published
2018-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 38