ANALISIS POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) SEBAGAI MODEL DALAM MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model POGIL yang diterapkan dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA kelas X pada materi usaha dan energi ditinjau dari kegiatan guru dan kegiatan siswa dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa SMAN Mojoagung kelas X-MIA tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 93 siswa Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi yang dilakukan selama dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran pada kegiatan guru dan siswa, LKS. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diperoleh hasil keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan skor sebesar 3,55 dengan kriteria sangat baik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Abstract views: 122
,
PDF Downloads: 60



