ANALISIS POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) SEBAGAI MODEL DALAM MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

Authors

  • HANA LULUKIL MAKNUN
  • WORO SETYARSIH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model POGIL yang diterapkan dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA kelas X pada materi usaha dan energi ditinjau dari kegiatan guru dan kegiatan siswa dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa SMAN Mojoagung kelas X-MIA tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 93 siswa Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi yang dilakukan selama dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran pada kegiatan guru dan siswa, LKS. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diperoleh hasil keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan skor sebesar 3,55 dengan kriteria sangat baik.

Kata Kunci : POGIL, kegiatan pembelajaran






Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

19-07-2018

How to Cite

LULUKIL MAKNUN, H., & SETYARSIH, W. (2018). ANALISIS POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) SEBAGAI MODEL DALAM MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/24338

Issue

Section

Articles
Abstract views: 122 , PDF Downloads: 60

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>