PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM PENCAPAIAN KETUNTASAN INDIKATOR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ALAT OPTIK

  • ERNA YUNAINI
  • WORO SETYARSIH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, keterampilan berpikir kritis, dan pencapaian ketuntasan indikator keterampilan berpikir kritis, serta respon peserta didik terhadap penerapan model inkuiri terbimbing pada materi alat optik. Penelitian pre eksperimental ini menggunakan one group pre-test and post-test design yang diterapkan pada 105 peserta didik kelas XI SMAN Driyorejo yang terdiri dari tiga kelas. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes berpikir kritis, dan lembar angket respon peserta didik digunakan untuk mendapatkan data penelitian. Berdasarkan analisis data (1) pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing terlaksana dengan sangat baik, (2) keterampilan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan pada kategori sedang untuk ketiga kelas, (3) ketuntasan indikator keterampilan berpikir kritis peserta didik pada ketiga kelas tercapai tuntas pada keempat indikator yaitu interpretasi, evaluasi, inferensi dan eksplanasi, sedangkan indikator analisis tidak tuntas dan (4) respon peserta didik terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kategori sangat baik.
Published
2019-04-24
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 42