PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN HARMONIS

  • IKA FEBRI ANGGRAENI PUTERI
  • HAINUR RASID ACHMADI

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran guided inquiry, peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran guided inquiry. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode pre-experimental dan desain penelitian menggunakan One group pretest-posttest design, sampel pada penelitian ini sebanyak tiga kelas, yaitu kelas eksperimen, kelas replikasi 1, dan kelas replikasi 2. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes berpikir kritis, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran guided inquiry telah terlaksana dengan sangat baik dengan nilai rata-rata 3,51. Peningkatan keterampilan berpikir kritis dianalisis menggunakan uji t berpasangan dan n-gain. Berdasarkan analisis uji t berpasangan diketahui bahwa model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan perolehan rata-rata n-gain sebesar 0,65 berkategori sedang. Respon peserta didik terhadap model pembelajaran guided inquiry sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 82%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik khususnya pada materi Getaran Harmonis.

Kata kunci: Guided inquiry, Keterampilan berpikir kritis, Getaran Harmonis
Published
2019-05-06
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 60