KETERLAKSANAAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS). Penelitian pre-experimental ini menggunakan desain one-grup pretest-posttest dengan 1 kelas eksperimen dan 2 kelas replikasi pada satu SMAN di Surabaya. Instrumen lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran creativr problem solving digunakan untuk pengambilan data. Skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dihitung secara keseluruhan dan dikonversikan dalam kriteria penilaian keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan rata-rata setiap fase pembelajaran Fisika dengan menggunakan model creative problem solving pada ketiga kelas berbeda-beda. Rata-rata persentase tertinggi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 88,89% dicapai pada fase acceptance-finding, sedangkan persentase terendah sebesar 87,04% dicapai pada fase problem finding. Keterlaksanaan pembelajaran creative problem solving pada ketiga kelas terlaksana dengan kategori sangat baik dengan persentase keterlaksanaan sebesar 88,26%.
Kata Kunci : Creative Problem Solving, Keterlaksanaan Pembelajaran. Kemampuan Pemecahan Masalah
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Abstract views: 131
,
PDF Downloads: 87



