KETERLAKSANAAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK

  • FITRIAH HADI KUSUMA
  • WORO SETYARSIH

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS). Penelitian pre-experimental ini menggunakan desain one-grup pretest-posttest dengan 1 kelas eksperimen dan 2 kelas replikasi pada satu SMAN di Surabaya. Instrumen lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran creativr problem solving digunakan untuk pengambilan data. Skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dihitung secara keseluruhan dan dikonversikan dalam kriteria penilaian keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan rata-rata setiap fase pembelajaran Fisika dengan menggunakan model creative problem solving pada ketiga kelas berbeda-beda. Rata-rata persentase tertinggi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 88,89% dicapai pada fase acceptance-finding, sedangkan persentase terendah sebesar 87,04% dicapai pada fase problem finding. Keterlaksanaan pembelajaran creative problem solving pada ketiga kelas terlaksana dengan kategori sangat baik dengan persentase keterlaksanaan sebesar 88,26%.

Kata Kunci : Creative Problem Solving, Keterlaksanaan Pembelajaran. Kemampuan Pemecahan Masalah

Published
2019-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 54