Pengaruh Penerapan Motivasi dengan Menggunakan Metode Index Card Match (Mencari ‎Pasangan Kartu) dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar ‎Siswa pada Materi Kalor di Kelas X di SMA Negeri 1 Paciran

Authors

  • Nurul Fithriyah
  • Eko Hariyono

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Paciran diketahui bahwa selama pembelajaran berlangsung siswa cenderung diam (pasif), hal ini disebabkan guru mendominasi pembelajaran. Siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran dan kurang bersikap aktif dalam proses belajar mengajar sehingga materi yang disampaikan kurang dipahami oleh siswa. Tingkat pemahaman siswa yang tidak merata juga mendorong peneliti untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif agar siswa dapat saling membagi informasi dengan teman sebaya. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan motivasi dengan menggunakan metode index card match (mencari pasangan kartu) dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor di kelas X di SMA Negeri 1 Paciran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan motivasi dengan menggunakan metode index card match (mencari pasangan kartu) dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor dan mengetahui respon serta aktivitas siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Paciran yang berjumlah tujuh kelas. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas eksperimen (X-2, X-4 X-7) dan satu kelas kontrol (X-5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian motivasi dengan menggunakan metode index card match (mencari pasangan kartu) dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi kalor berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Paciran dan siswa mempunyai respon yang positif terhadap penerapan motivasi dengan menggunakan metode index card match (mencari pasangan kartu) dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-04-2025

How to Cite

Fithriyah, N., & Hariyono, E. (2025). Pengaruh Penerapan Motivasi dengan Menggunakan Metode Index Card Match (Mencari ‎Pasangan Kartu) dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar ‎Siswa pada Materi Kalor di Kelas X di SMA Negeri 1 Paciran. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 1(1), 29–35. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/350

Issue

Section

Articles
Abstract views: 45 , PDF Downloads: 52

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>