PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS X DI SMA NEGERI 1 PACIRAN

  • NURUL FITHRIYAH

Abstract

Based on the results of observations by researchers at SMA Negeri 1 Paciran known that all learning lasting students tend to silence or passive, it is caused by the teacher dominated of learning. Students less motivated in following learning and less be active in learning process so that material delivered poorly conceived by students. The level of understanding the students did not evenly also encourage researchers to apply a model of learning cooperative that students can were sharing information with peers. Because of that researcher tried to apply the motivation by using the method index card match in model of learning cooperative type STAD against study result of the students on any material heat engine in the class X in SMA Negeri 1 Paciran. The aim of this research is to find out the influence of the application of motivation by using the method index card match in model of learning cooperative type STAD against study result of the students on any material heat engine and knowing response as well as activity students . A sample of research consisting of the three classes his experiments (X-2, X-4, X-7) and one class of control (X-5). The result showed that the provision of motivation by using the method index card match in model of learning cooperative type STAD on any material kalor influential favorably to study result of the students in the class X SMA Negeri 1 Paciran. And students have a positive response against the implementation of motivation by using the method index card match in model of learning cooperative type STAD.

Keywords: a model of learning cooperative, STAD, index card match, study result of the students, kalor

Abstrak. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Paciran diketahui bahwa selama pembelajaran berlangsung siswa cenderung diam (pasif), hal ini disebabkan guru mendominasi pembelajaran. Siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran dan kurang bersikap aktif dalam proses belajar mengajar sehingga materi yang disampaikan kurang dipahami oleh siswa. Tingkat pemahaman siswa yang tidak merata juga mendorong peneliti untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif agar siswa dapat saling membagi informasi dengan teman sebaya. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan motivasi dengan menggunakan metode index card match (mencari pasangan kartu) dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil  belajar siswa pada materi  kalor di kelas X di SMA Negeri 1 Paciran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan motivasi dengan menggunakan metode index card match (mencari pasangan kartu) dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil  belajar siswa pada materi  kalor dan mengetahui respon serta aktivitas siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Paciran yang berjumlah tujuh kelas. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas eksperimen (X-2, X-4 X-7) dan satu kelas kontrol (X-5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pemberian motivasi dengan menggunakan metode index card match (mencari pasangan kartu) dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi  kalor berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Paciran dan siswa mempunyai respon yang positif terhadap penerapan motivasi dengan menggunakan metode index card match (mencari pasangan kartu) dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Kata-kata kunci: Model pembelajaran kooperatif, STAD, Index Card Match (mencari pasangan kartu), Hasil belajar siswa, Kalor.

 

Section
Articles
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 47