Implementation of the Problem Based Learning (PBL) Model Integrated Al-Qur'an in Global Warming Material
Abstract
Dalam rangkaian pembelajaran peserta didik harus lebih berinovasi dan mengikuti
perkembangan abad 21, salah satu pembelajaran yang bisa diterapkan adalah model PBL. PBL
memiliki beberapa keunggulan diantaranya, peserta didik didorong untuk memiliki
kemampuan pemecahan masalah dalam situasi nyata, pembelajaran berfokus pada masalah dan
terjadi aktivitas ilmiah pada peserta didik melalui kerja kelompok. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan model PBL terintegrasi Al-Qur’an.
Respon peserta didik terhadap pembelajaran PBL terintegrasi Al-Qur’an pada materi
pemanasan global. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan menggunakan desain penelitian quasi experiment non-equivalent control group pre-test
post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan metode lembar keterlaksanaan
pembelajaran, dan angket respon peserta didik. Penelitian ini diterapkan pada peserta didik
kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 di MAS Wali Songo Madiun. Hasil yang diperoleh
menunjukkan bahwa keterlaksanaan penerapan model PBL terintegrasi Al-Qur’an pada materi
pemanasan global yang diujikan pada kelas eksperimen telah berjalan baik dan memperoleh
persentase sebesar 90,3% dengan kategori sangat baik. Selanjutnya tentang respon peserta
didik terkait pembelajaran yang diterapkan di kelas eksperimen menyatakan hasil persentase
sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Adanya penerapan PBL terintegrasi Al-Qur’an,
peserta didik mampu menemukan ide-ide baru untuk memecahkan permasalahan fisika,
termotivasi dalam belajar sehingga pembelajaran terasa menyenangkan dan peserta didik
semakin yakin bahwa ayat-ayat Al-Qur’an berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa penerapan model PBL terintegrasi Al-Qur’an dapat diterapkan di
Madrasah dengan lingkungan pondok pesantren.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

