Pengembangan Sistem Penilaian Otomatis Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Pemrograman Kelas X Di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan Sistem Penilaian Otomatis untuk membantu guru dalam memangkas waktu penilaian jawaban terhadap soal esai. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kelayakan sistem penilaian otomatis pada mata pelajaran dasar-dasar pemrograman di kelas X. (2) Bagaimana respon Guru terhadap sistem penilaian otomatis pada mata pelajaran dasar-dasar pemrograman di kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development). Peneliti memodifikasi langkah pada model R&D menjadi 6 langkah. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran dasar-dasar pemrograman kelas X TKJ SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk Sistem Penilaian Otomatis yang dikembangkan mendapat nilai 4.64 dari rentang skor penilaian tiga validator. Nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat layak dengan rentang skor 4.2 s/d 5.0. (2) Diketahui bahwa hasil respon guru adalah 4.8. Hasil dari angket respon guru tersebut termasuk dalam kategori sangat baik dengan rentang skor 4.2 s/d 5.0. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa sistem penilaian otomatis mendapatkan respon yang sangat baik dari guru kelas X TKJ 1 di SMK Negeri 3 Buduran.
Kata Kunci : Sistem Penilaian Otomatis, kelayakan produk, dan respon guru.