RANCANG BANGUN APLIKASI ROUTING MOBILE BERPLATFORM ANDROID DENGAN IMPLEMENTASI CISCO PACKET TRACER UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI ROUTING STATIS (STUDI KASUS: SMK KETINTANG SURABAYA)

Main Article Content

Hefty Magda Lestari
Bambang Sujatmiko

Abstract

Tenaga pendidik menjadi yang terdepan selama diselenggarakannya pendidikan di Indonesia. Kompetensi yang dimiliki guru menjadi cerminan kemampuan guru ketika guru menjalankan tugas yang dimiliki. Terdapat dua kompetensi yang menjadi hal utama untuk dimiliki guru yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Ketika terjadi perubahan kurikulum 2013 ini menyebabkan kebutuhan guru yang siap untuk mengimplementasikan di lapangan meningkat. Selain itu, kompetensi guru yang kompeten juga diperlukan sebagai kebutuhan di masa depan. Kondisi yang sebenarnya terjadi di lapangan yaitu guru di sekolah masih tidak memiliki kesesuaian kompetensi dengan mata pelajaran yang diampu. Dengan adanya masalah tersebut, dimana guru memiliki keterbatasan kompetensi maka dibutuhkan media pembelajaran aplikasi berplatform android untuk memudahkan siswa dalam memahami. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode Research and Development untuk pengembangan aplikasi. Sedangkan, dari data yang didapatkan dari penelitian kemudian akan dikumpulkan dan dianalisis menggunakan metode kuantitaif deskriptif. Hasil validasi media pembelajaran atau aplikasi routing mobile memperoleh presentase 80% yang dikategorikan layak untuk diimplementasikan. Berdasarkan penelitian kepada peserta didik dengan diberikan pretest dan posttest memperoleh rata-rata 44.85 untuk pretest dan 79.8 untuk posttest. Maka dapat menunjukkan adanya pengaruh dan perbedaan hasil yang signifikan dari rata-rata yang didapatkan.

Article Details

How to Cite
Lestari, H., & Sujatmiko, B. (2022). RANCANG BANGUN APLIKASI ROUTING MOBILE BERPLATFORM ANDROID DENGAN IMPLEMENTASI CISCO PACKET TRACER UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI ROUTING STATIS (STUDI KASUS: SMK KETINTANG SURABAYA). IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 7(1), 1-10. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/48636
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>