Implementasi Model Addie Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Keahlian Pemrograman Dasar Di SMKN 1 Wonoasri

Authors

  • Prambayu Rehyta Muryandari Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Sujatmiko Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran modern berfokus pada pendekatan yang berpusat pada siswa, mendorong mereka untuk membangun pemahaman secara mandiri sejalan dengan teori konstruktivisme, yang menyatakan kalau pengetahuan dapat terbentuk melalui proses pengalaman belajar aktif. Berdasarkan tantangan ini, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran dengan basis web yang mampu mendukung pembelajaran mandiri dan interaktif sesuai prinsip konstruktivisme. Sehingga, siswa dapat memahami materi lebih efektif, terutama dalam pemrograman dasar pada mata pelajaran Informatika. Pengembangan media ini mengikuti model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Kebutuhan siswa dan tantangan dalam pembelajaran pemrograman diidentifikasi pada tahap analysis. Pada tahap Design dan Development, akan menghasilkan adanya media pembelajaran berbasis web interaktif dengan fitur yang dilengkapi live code untuk latihan langsung. Media yang dikembangkan kemudian diterapkan kepada siswa, dan hasilnya akan menjadi bahan evaluasi untuk pengembangan selanjutnya. Hasil validasi ahli menunjukkan skor 82%, yang menyatakan media pembelajaran layak diuji. Untuk uji validitas instrumen penelitian, diperoleh rata-rata skor validitas 91%, menunjukkan bahwa media pembelajaran secara tampilan dan konten telah layak diuji. Penelitian yang melibatkan dua kelompok ini menunjukkan hasil bahwa siswa dalam kelompok yang diberi perlakuan akan mengalami peningkatan pemahaman secara signifikan, dengan perbedaan rata-rata skor post-test sebesar 52 pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan 16 pada kelompok kontrol. Hasil ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran berbasis web efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dan mendukung pembelajaran mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-06-2025

How to Cite

Muryandari, P. R., & Sujatmiko, B. (2025). Implementasi Model Addie Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Keahlian Pemrograman Dasar Di SMKN 1 Wonoasri. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 10(02), 90–97. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/68124
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>