STUDI LITERATUR ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM KURIKULUM 2013 (K-13) PADA SISWA MENENGAH ATAS

Main Article Content

Indiastanti Nurfadhilah Trianto
Bambang Sujatmiko

Abstract

Pembelajaran kurikulum 2013 memiliki macam – macam metode pembelajaran yang inovatif serta efektif, salah satunya yaitu model pembelajaran inkuiri. Dengan sistem pembelajaran inkuiri yang berpusat pada siswa, kemampuan berpikir serta prestasi belajar siswa dapat meningkat  dikarenakan cara belajar yang menuntut siswa agar dapat memecahkan masalah melalui konsep atau solusi mereka sendiri. Penelitian yang dilakukan Nathalia Wea, K., & Severinus, D. terjadi peningkatan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 70,83%, ketertarikan siswa terhadap pembelajaran berbasis inkuiri meningkat dan membuat siswa lebih aktif saat pembelajaran. Studi ini dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), dengan cara melakukan analisa terhadap hasil penelitian terdahulu dengan fokus pembahasan yang sesuai. Analisis yang dilakukan terhadap artikel – artikel yang relevan membuktikan penerapan inkuiri berdampak positif terhadap aktivitas belajar siswa. Diketahui dari hasil studi literatur ini, penerapan model inkuiri pada kegiatan belajar mengajar memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan daya berpikir , efeksi diri, motivasi serta hasil belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Trianto, I., & Sujatmiko, B. (2021). STUDI LITERATUR ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM KURIKULUM 2013 (K-13) PADA SISWA MENENGAH ATAS. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 6(1), 782-793. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/43271
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>