PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF MENGGUNAKAN METODE R&D PADA MATA PELAJARAN DUA DIMENSI KOMPETENSI KEAHLIAN ANIMASI DI SMK NEGERI 2 SURABAYA
Main Article Content
Abstract
Media video interaktif yang berisi suatu permasalahan dimana siswa diwajibkan untuk menemukan pengertian tentang Keyframe dan Inbetween secara mandiri dengan mengikuti arahan yang ada didalam soal yang diberikan oleh Peneliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menambah prestasi belajar peserta didik pada mapel Dua Dimensi yang dibuktikan dengan hasil penelitian. Dalam mendayagunakan media pembelajaran ini, diperoleh kategori sangat layak dan memperoleh persentase sebanyak 82,22 %. Perolehan persentase tersebut didapatkan dari kevalidan pengujian yang dilakukan oleh validator yang sesuai dengan bidangnya masing – masing. R&D (Research and Development) adalah metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini. Dengan setelah dimanfaatkannya proses pembelajaran yang peneliti rencanakan, nilai rata rata peserta didik pada Pretest dan Posttest mengalami pertumbuhan yang signifikan dan nilai tersebut terbukti dari didapatnya respons positif setelah media dianalisis dan menghasilkan sebuah hasil penelitian dari peserta didik.