STUDI LITERATUR PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK

Main Article Content

Zona Wijaya Putra
Bambang Sujatmiko

Abstract

Dalam memahami suatu materi pembelajaran, media belajar sangatlah penting yang dibutuhkan oleh siswa untuk memudahkan dan menarik perhatian dalam  melaksanakan kegiatan belajar mengajar didalam kelas. Mobile learning merupakan suatu media pembelajaran yang dirasa cocok digunakan saat ini karena tingkat keefektifan dan kemudahannya. Pada mata pelajaran pemrograman dasar, pekerjaan koding atau pemrograman diharapkan mampu dibuat oleh siswa. Untuk melaksanakan pekerjaan koding tersebut, penyampaian materi yang dilakukan dengan cara konvensional  dirasa tidak akan dipahami secara maksimal oleh siswa. Maka dari itu dikembangkan sebuah aplikasi media pembelajaran Pemrograman Dasar berbasis Android di SMK. Pada Studi literatur ini metode yang digunakan yaitu Metode SLR (Systematic Literature Review). Terdapat tiga tahapan yang harus dilakukan yaitu planning, conducting, dan reporting. Berdasarkan hasil rata – rata dari 13 literatur terdahulu menunjukkan hasil yang cukup signifikan mengenai hasil belajar siswa antara pembelajaran konvensional dan pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran pemrograman dasar. Hasilnya menunjukkan penggunaan model pembelajaran berbasis Android lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional. Kemudian dilakukan uji hipotesis dari beberapa literatur tersebut yang menyatakan terdapat pengaruh pembelajaran berbasis Android terhadap hasil belajar siswa. Dari uji diatas disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android memiliki pengaruh sebesar 100% berdasarkan beberapa literatur yang dianalisa serta menghasilkan respon yang sangat baik dan positif yang diterima oleh siswa secara langsung sehingga cocok digunakan sebagai pendukung pembelajaran pemrograman dasar yang lebih efektif

Article Details

How to Cite
Putra, Z., & Sujatmiko, B. (2021). STUDI LITERATUR PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 489-496. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/38146
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>