PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING MATA PELAJARAN PKWU SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENDUKUNG PROSES BLENDED LEARNING

Main Article Content

Moch. Syahryil Mahendra
Dodik Arwin Dermawan

Abstract

Tahun ajaran 2020 menjadi sangat istimewa karena diterapkannya pembelajaran jarak jauh sebagai dampak dari pandemi Covid19, oleh sebab itu kegiatan belajar mengajar terpaksa memanfaatkan teknologi untuk menunjang sistem pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan masalah yang diperoleh sebelum penelitian, siswa kurang dapat memahami materi yang diberikan, sehingga peneliti memilih untuk mengembangkan Mobile Learning. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Mobile Learning Education yang dapat menjadi alternatif untuk mendukung proses Blended Learning dan mengukur perbedaan hasil belajar siswa kelas XI SMA yang menempuh mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, Research and Development yang mengacu pada buku Metode Penelitian yang ditulis Sugiyono. Hasil dari metode tersebut antara lain: validasi materi 87%, validasi media 92,9% dan validasi kuisioner respon siswa 91,7%. Uji normalitas untuk PreTest 0,200 dan untuk PostTest 0,089, uji t paired simple t-test dapat diketahui nilai rata-rata PreTest 72,86 dan nilai rata-rata PostTest 81,42. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan produk yang telah dihasilkan layak digunakan untuk menunjang proses Blended Learning.


 

Article Details

How to Cite
Mahendra, M. S., & Dermawan, D. (2021). PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING MATA PELAJARAN PKWU SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENDUKUNG PROSES BLENDED LEARNING. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(2), 574-583. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/39753
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>