PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEMINATAN KONSENTRASI BERDASARKAN NILAI AKADEMIK BERBASIS WEB PADA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI

Main Article Content

Ranny Angella Christina Walangare
Bambang Sujatmiko

Abstract

Pemilihan peminatan konsentrasi adalah hal yang wajib dilakukan oleh mahasiswa S1 Pendidikan Teknologi Informasi pada semester 5. Pada pemilihan peminatan konsentrasi tidak ada ketentuan resmi karena hanya berdasarkan minat dari mahasiswa dan tidak sedikit mahasiswa yang kebingungan pada saat akan memilih bidang minat yang mereka inginkan. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah memberikan pertimbangan guna mendukung keputusan mahasiswa dalam menentukan bidang minat konsentrasi yang akan diambil berdasarkan nilai akademik dari mata kuliah yang menjadi dasar dari pemilihan konsentrasi. Dalam penelitian ini algoritma yang digunakan yaitu Naive Bayes dan akurasi yang didapatkan yaitu 100%. Hasil pengujian sistem yang dibuat menggunakan pengujian blackbox testing dan validasi oleh ahli media yaitu oleh dua dosen Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya, hasil blackbox testing menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan yang telah dibuat berhasil dan berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan dan hasil dari validasi dari ahli media yaitu validator pertama mendapatkan hasil persentase 90% dan validator kedua 82 % keduanya menunjukkan hasil persentase yang tinggi sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem pendukung keputusan menggunakan algoritma Naive Bayes berhasil dan bisa digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Walangare, R. A. C., & Sujatmiko, B. (2022). PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEMINATAN KONSENTRASI BERDASARKAN NILAI AKADEMIK BERBASIS WEB PADA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 7(3), 74–83. https://doi.org/10.26740/it-edu.v7i3.50086
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>